Menpar : KEK Pariwisata Cara Tercepat Menarik Investor ke Lampung

(Beritadaerah – Lampung) Dalam acara puncak dari rangkaian kegiatan Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29 yang berlangsung di Bandar Lampung dari tanggal 23-25 Agustus 2019, digelar parade budaya ‘Lampung Culture & Tapis Carnival’. Parade ini diikuti oleh perwakilan dari kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung, kalangan komunitas seni, pelajar dan mahasiswa.

Hadir dalam acara parade budaya tersebut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Anggota Komisi X DPR-RI Dwita Ria Gunadi, serta para bupati dan walikota se-Provinsi Lampung.

Saat melepas parade budaya ‘Lampung Culture & Tapis Carnival 2019’ di Lapangan Saburai, Kota Bandar Lampung, Minggu siang (25/8), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mendorong agar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Lampung dapat segera diwujudkan pada tahun ini.

“Keberadaan KEK Pariwisata ini merupakan cara tercepat untuk menarik investor dalam mengembangkan sektor pariwisata di Lampung,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Minggu (25/8).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, dengan adanya KEK Pariwisata maka segala perizinan akan lebih mudah dan akan menarik minat para investor. Selain itu memudahkan program Pemerintah dalam merencanakan pembangunan infrastruktur Jalin (jalan, air, listrik, dan internet) ke kawasan wisata tersebut.

Menpar mencontohkan KEK Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang telah berhasil menarik investor dari mancanegara dengan nilai investasi mencapai Rp20 triliun. Di antara kabupaten di Provinsi Lampung, Kabupaten Pesawaran sudah mengusulkan KEK Pariwisata di Teluk Pandan seluas 301 hektare. Lahan tersebut dalam kondisi “clean and clear”, bersertifikat, dan sudah “existing” untuk usaha pariwisata.

Sementara itu Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan, penyelenggaraan kegiatan Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29 merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Lampung serta sebagai upaya menarik para investor.

Berbagai rangkaian LKF 2019 yang menampilkan 5 kegiatan utama yakni pertama adalah Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai berlangsung di Lapangan Saburai Bandar Lampung (23-24 Agustus 2019), kedua yakni Krakatau Expo di Lapangan Saburai (23-25 Agustus 2019), dan ketiga Trip Krakatau dari Dermaga Eksekutif Bakauheni menggunakan Kapal Jatra III dengan rute menuju kepulauan Gunung Anak Krakatau, Lampung Selatan, pada Sabtu (24/8/2019).

Sedangkan acara keempat, Parade Permainan Anak Tradisional di Lapangan Saburai Bandar Lampung pada 24 Agustus 2019 dan terakhir, Parade Budaya Lampung Culture and Tapis Carnival yang berlangsung di Lapangan Saburai pada Minggu siang (25/8/2019).

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.