Kapal RS Terapung di Sumenep Segera Diresmikan Menteri Perhubungan

(Beritadaerah – Jawa Timur) Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan menyampaikan kepada media bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sore hari ini, Kamis (15/8), dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung di Sumenep, Jawa Timur.

Peluncuran kapal ini akan ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara 3 instansi yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dijadwalkan peresmian ini akan dihadiri juga oleh Menteri Kesehatan Nilla F. Moelok, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Penandatangan MoU direncanakan akan dilakukan pada Kamis 15 Agustus 2019 pukul 15.00 WIB di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura,” jelas Hengki Angkasawan yang dikutip laman Dephub, Kamis (15/8).

Kemenhub menghibahkan dua kapalnya yakni KM Gandha Nusantara 1 dan KM Gandha Nusantara 2 kepada Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk dijadikan RS terapung. Penyediaan Kapal RS Terapung ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah bersama stakeholder terkait untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya yang berada di kepulauan di sekitar Provinsi Jawa Timur.

Hengki tambahkan pelayanan kesehatan yang dilakukan kapal bersifat promotif, preventif, dan kuratif sekaligus rehabilitatif, selain itu juga bisa untuk fasilitas pendidikan.

Beberapa waktu lalu Menhub Budi menyampaikan selain sebagai kapal RS, kapal ini juga akan difungsikan untuk mengangkut penumpang. Sehingga dengan begitu konektivitas meningkat, pelayanan kesehatan masyarakat di kepulauan juga meningkat.

Kapal ini adalah kombinasi kapal RS dengan kapal penumpang. Kita ingin bahwa selain rutin melayani penumpang, tapi juga ada pelayanan RS. Jadi misalnya, sedang ada kendala cuaca dan gelombang tinggi sehingga tidak dapat berlayar, kapal itu bisa sandar di suatu tempat dan berfungsi sebagai RS, besoknya keliling lagi, ungkap Menhub Budi.

Kapal ini nantinya akan menunjang fasilitas kesehatan khususnya bagi masyarakat di kepulauan di Provinsi Jawa Timur dan sekitarnya seperti di Sumenep.

Bupati Sumenep Busyro Karim mengatakan menyambut baik rencana kapal RS terapung. Menurutnya, dengan adanya kapal rumah sakit ini nantinya pelayanan kesehatan masyarakat kepulauan di Sumenep akan lebih terjamin.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).