Kemenhub dan PUPR Kolaborasi Desain Arsitektur Pelabuhan di Danau Toba

(Beritadaerah – Tapanuli Utara) Dalam kunjungan kerjanya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pelabuhan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Senin (29/7), untuk melihat secara langsung progress dari pembangunan pelabuhan di Danau Toba.  Dalam kunjungan ini Presiden Jokowi memberikan arahan terkait pembangunan pelabuhan ini.

Guna menindaklanjuti arahan Presiden, Kementerian Perhubungan akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR terkait dengan desain arsitektur pelabuhan-pelabuhan di Danau Toba agar lebih menarik bagi wisatawan untuk datang.

Dalam kunjungan ke Pelabuhan Muara, turut mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

“Jadi tadi arahan Pak Presiden, beliau menginginkan suatu bentuk arsitektur Pelabuhan yang maju, modern dan yang bisa menimbulkan inspirasi bagi generasi muda dan dapat menarik minat wisatawan untuk datang. Jadi kita akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR terkait desain bangunan arsitektur Pelabuhan-Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba,” jelas Menhub yang dikutip laman Dephub, Selasa (30/7).

Dari 12 Pelabuhan Penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yang dibangun Kementerian Perhubungan, 4 (empat) diantaranya telah dilakukan pengembangan hingga tahun 2019 dan akan selesai pada tahun 2020 yaitu : Pelabuhan Simanindo, Ambarita, Muara, dan Tigaras.

Sementara 3 (tiga) Pelabuhan lainnya yang mulai dibangun pada tahun 2019 dan akan selesai pada 2020 yaitu : Pelabuhan Marbun Toruan, Tongging, dan Balige. Ada 1 (satu) pelabuhan yang mulai dibangun pada tahun 2018 dan telah selesai pada tahun 2019 yaitu : Pelabuhan Ajibata. Sedangkan 4 (empat) pelabuhan lainnya yang akan mulai dibangun pada tahun 2020 yaitu : Pelabuhan Silalahi, Sipinggan, Onan Runggu dan Porsea. Total investasi untuk pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba sampai dengan tahun 2020 mencapai Rp 469 miliar yang berasal dari APBN.

Selain membangun pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga memberikan dukungan melalui pembangunan 5 kapal sampai tahun 2020, dengan total investasi Rp 122 miliar (dari APBN), diantaranya : 1 (satu) Kapal Motor Penyeberangan Ihan Batak dengan bobot 546 GT yang telah selesai dibangun pada tahun 2018. Kemudian, 2 (dua) Kapal Penyeberangan masing-masing 300GT dan 200 GT yang akan selesai pada tahun 2019 dan 2020, dan 2 (dua) Bus Air yang akan selesai pada tahun 2020.

Secara total dukungan investasi Kementerian Perhubungan dari sektor Perhubungan Darat untuk pengembangan KSPN Danau Toba sampai dengan tahun 2020 mencapai Rp 644,6 miliar. Dalam kunjungan ini Presiden Jokowi juga meninjau kesiapan infrastruktur dan destinasi wisata di sekitar Kawasan Danau Toba, mulai dari Geosite Sipinsur yang terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) serta meninjau aksesibilitas di Pelabuhan Penyeberangan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara.

Handi Fu/Journalist/BD 
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.