Tarian Jawa Diperkenalkan pada Anak-anak (Photo: Sonya C., kontributor BD)

Menanamkan Cinta Bangsa Sejak Dini

Cinta akan bangsa dan tanah air perlu ditanamkan sejak kecil. Berbagai aktivitas dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah, perumahan bahkan pusat-pusat perbelanjaan pun dapat berpartisipasi. Terlebih menjelang 17 Agustus, momen hari kemerdekaan Indonesia dapat menjadi sarana membangun rasa nasionalisme.

Nasionalisme pada anak dapat ditanamkan melalui berbagai bentuk. Bentuk nasionalisme antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bangga menjadi anak Indonesia

Masih banyak anak Indonesia yang menginginkan hidup yang berandai-andai menjadi orang Korea, orang Jepang misalnya. Kebanggaan ini perlu dibangun dengan melihat bahwa Indonesia bangsa yang besar, setiap bangsa berbeda dan memiliki keunikan sendiri yang positif. Anak perlu diperkenalkan lambang-lambang negara, falsafah negara.

  1. Mencintai budaya dan tradisi Indonesia

Indonesia negara yang kaya tradisi dan budayanya. Jumlah suku bangsa di Indonesia 1300 suku dan masing-masing membawa budaya dan tradisi tersendiri yang berbeda satu dengan lainnya. Termasuk warisan kuliner yang kaya rempah khas Indonesia.

  1. Mencintai alam Indonesia

Gunung, lembah, laut, sungai di Indonesia masih banyak yang belum dikenal anak-anak masa kini. Keindahan Indonesia yang bak lukisan seringkali membuat orang berdecak kagum. Anak-anak harus belajar untuk melihat alam dan mengerti untuk menjaga dan menghargai alam Indonesia.

  1. Mengenal sejarah bangsa

Perjalanan sejarah bangsa Indonesia akan membantu mendidik anak-anak juga memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme.

  1. Mencintai produk dalam negeri

Semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam membangun nasionalisme ini. Mulai dari berbaju batik atau kebaya modern dalam keseharian, kegiatan-kegiatan kebangsaan di berbagai lingkungan, mulai dari sekolah, lingkungan RT/RW maupun di pusat-pusat perbelanjaan.

Contohnya seperti Mall Metropolis Town Squre Tangerang anak-anak sekolah belajar tarian Jawa dalam rangka meningkatkan rasa cinta kebudayaan Indonesia. Foto yang diambil Kamis (25/7/2019) ini memperlihatkan minat anak-anak kota Tangerang untuk mempelajari kebudayaan bangsanya. Partisipasi berbagai elemen masyarakat dan organisasi seperti inilah yang diharapkan.

Semakin dini anak diperkenalkan pada nasionalisme, semakin baik. Setelah besar nanti anak akan terbentuk mencintai bangsanya.

(Vera Herlina/BD)

About Vera Herlina

Partner of Management and Technology Services Vibiz Consulting, Journalist Vibiz Media Network

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.