Ilustrasi Komoditas Ekspor Perhiasan dan Permata dari Jawa Timur (Foto: Kemkominfo)

Jawa Timur Jagoan Komoditas Ekspor Perhiasan dan Permata

(Beritadaerah – Jawa Timur) Perhiasan asal Indonesia terus berkembang menjadi primadona dunia. Komoditas ekspor non migas golongan perhiasan/permata yang mencakup mutiara alam, mutiara budidaya, dan batu mulia (HS 71) menjadi komoditas ekspor utama Jawa Timur bulan Juni 2019, dengan nilai transaksi sebesar US$346,80 juta. Nilai tersebut naik sebesar 84,74% jika dibandingkan dengan transaksi bulan sebelumnya yang mencapai US$187,72 juta.

Perhiasan/permata berkontribusi sebesar 24,37% pada total ekspor nonmigas Jawa Timur bulan ini. Perhiasan dan permata diekspor paling banyak ke Swiss, Singapura dan Korea Selatan.

“Golongan komoditas ini paling banyak diekspor ke negara-negara Eropa khususnya Swiss dengan nilai US$96,81 juta,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur Teguh Pramono, Kamis (25/7)

Menurut Teguh, peringkat kedua yang terbanyak diekspor oleh Jawa Timur adalah tembaga (HS 74) yang menyumbang nilai ekspor sebesar US$111,04 juta, atau turun sebesar 10,14% dibanding kan bulan sebelumnya. Golongan barang ini menyumbang 7,80% dari total ekspor nonmigas dan utamanya dikirim ke Tiongkok dengan nilai US%61,51 juta.

Sedangkan golongan komoditas yang menduduki peringkat ketiga adalah golongan lemak dan minyak hewan/nabati dan (HS 15) dengan nilai ekspor sebesar US$89,37 juta, atau turun sebesar 21,87% dibandingkan bulan sebelumnya. Kelompok barang ini menyumbang 6,28% dari total ekspor nonmigas bulan ini dan utamanya diekspor ke Tiongkok sebesar US$29,38 juta.

Secara keseluruhan, peningkatan nilai ekspor nonmigas terbesar bulan Juni 2019 Jawa Timur terjadi pada golongan komoditas perhiasan/permata (HS 71) dengan nilai ekspor US$346,80 juta dari bulan sebelumnya US$187,72 juta atau naik US$159,08 juta.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

One comment

  1. Hi friends, its fantastic article concerning teachingand entirely defined, keep it up all the time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.