Wisata Kereng Bangkirai Masuk 37 Nominasi ISTA (Foto: Kemkominfo)

Kereng Bangkirai, Nominasi Indonesia Sustainabel Tourism Award

(Beritadaerah – Palangka Raya) Obyek Wisata Dermaga Kereng Bangkirai merupakan salah satu tujuan wisatawa di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang banyak diminati wisatawan lokal, karena pemandangan dan panorama alam sekitar memang unik dan indah. Dermaga Kereng Bangkirai ini merupakan pintu gerbang menuju kawasan Taman Nasional Sebangau dan juga merupakan tujuan wisata alam serta tempat lokasi penelitian Gambut.

Tim Visitasi Lapangan dari Indonesia Sustainabel Tourism Award (ISTA) Tahun 2019, saat meninjau langsung lokasi wisata Kereng Bangkirai, Palangkaraya, Kalimantan Tengah,   Senin (22/7/2019).

Destinasi wisata Kereng Bangkirai berhasil masuk dalam 37 Nominasi yang diselenggarakan Kementerian Kepariwisataan (Kemenpar) RI.

Winda Mingkid – Ketua Tim Visitasi Lapangan ISTA Kemenpar RI, mengatakan bahwa tim dari kementerian akan menguji dan menilai perkembangan destinasi wisata yang sudah ditetapkan ke dalam nominasi. Dalam proses penilaian banyak hal yang dinilai, dikaji dan ditelaah untuk meraih ISTA.

“Banyak indikator yang dinilai dalam memajukan potensi unggulan pariwisata disuatu daerah,” ucapnya. Indikator tersebut antara lain pemberdayaan kepada masyarakat disekitar objek wisata, pelestarian ekosistem, pengendalian atau pendauran sampah menjadi produk unggulan wisata, manajemen situs budaya didestinasi wisata yang bersangkutan dan kegiatan usaha masyarakat di sekitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya Hj Norma Hikmah menekankan, Kota Palangkaraya yang merupakan ibu kota provinsi Kalteng ini memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan seperti  kondisi alam, flora dan fauna, yang merupakan modal besar mengembangan pariwisata.

“Keanekaragaman seni budaya Dayak yang masih kental menjadikan kota ini memiliki nilai strategis disektor pariwisata,” jelasnya.

Dalam pembangunan kepariwisataan, pemerintah kota Palangkaraya telah menyusun langkah strategis, termasuk dalam mengembangkan destinasi wisata Kereng Bangkirai yakni danau dengan keunikan tersendiri, terutama keberadaan air hitam yang hanya bisa ditemui di lokasi wisata tersebut.

Kereng Bangkirai diharapkan oleh para pelaku usaha pariwisata, pengelola kawasan wisata bersama masyarakat dan pemerintah dapat berkembang menjadi  kawasan wisata yang  maju yang menerapkan nilai-nilai pariwisata berkelanjutan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.