Ilustrasi: Pariwisata Banyuwangi Mendongkrak Perekonomian Kota (Sumber: Kominfo)

Agustus 2019, Citilink Membuka Rute Penerbangan Denpasar – Banyuwangi

(Beritadaerah – Banyuwangi) Sebagai daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi menawarkan sun rise indah bagi para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ini. Salah satu kunci dalam upaya peningkatan arus wisatawan berkunjung ke Banyuwangi adalah aksesbilitas.

Maskapai nasional Citilink Indonesia dalam waktu dekat akan membuka rute penerbangan Denpasar – Banyuwangi. Ini merupakan strategi yang dilakukan Citilink untuk menarik lebih banyak wisatawan asing berkunjung ke Banyuwangi. Awal Agustus 2019 rute ini sudah bisa dioperasikan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (23/7).

“Kami sudah bertemu Citilink beberapa waktu lalu. Jadi, setelah rute Manado – Banyuwangi yang sudah jalan, Citilink akan ekspansi rute Bali – Banyuwangi ini,” kata Anas yang dikutip laman Banyuwangikab, Senin (23/7).

Bagi Anas, apa yang dilakukan Citilink ini akan berdampak positif pada geliat pariwisata Banyuwangi. Pasalnya, dengan makin banyaknya pintu menuju Banyuwangi, akan mempermudah wisatawan yang hendak berkunjung.

Selain Citilink, pada awal Agustus mendatang akan ditambah dengan rute baru Banjarmasin – Banyuwangi pp oleh Xpress Air. Kami optimis akan perkembangan wisata di Banyuwangi. Karena orang makin mudah menuju Banyuwangi, ungkap Anas.

Sementara itu VP Cargo dan Ancillary Citilink Indonesia Harismawan Wahyu Adi mengatakan bahwa Citilink bersama Kementerian Pariwisata telah menggelar Forum Group Discussion (FGD) penguatan rute internasional Citilink Kuala Lumpur – Banyuwangi. FGD tersebut antara lain membahas strategi baru Citilink untuk menarik wisatawan ke Banyuwangi dengan membuka rute menuju Banyuwangi dari Bali. Nantinya wisatawan Malaysia yang ke Banyuwangi bisa langsung ke Bali.

Citilink juga telah membuka rute Manado – Banyuwangi sejak satu bulan lalu. Manado saat ini banyak dikunjungi wisatawan dari Tiongkok, dengan dibukanya rute ini Haris berharap dapat menarik wisatawan Tiongkok ke Banyuwangi. Setelah berlibur di Banyuwangi, lanjut dia, wisatawan tersebut bisa melanjutkan perjalanannya dari Banyuwangi ke Bali lalu terbang ke Tiongkok. Selain dua rute tersebut, Citilink berencana membuka rute Balikpapan – Banyuwangi dan Yogyakarta – Banyuwangi pp.

Kabupaten Banyuwangi memiliki sejumlah destinasi menarik untuk dikunjungi, seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Air Terjun Jagir, Pantai Cemara, Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau.

Handi Fu/Journalist/BD 
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.