Mengintip Wisata Andalan Kabupaten Paser

Pernahkah mendengar tentang Kabupaten Paser? Tidak salah lagi Paser adalah nama salah satu Kabupaten di Kalimantan Timur yang memiliki segudang potensi wisata lokal yang sarat budaya dan juga keindahan alam yang masih asri dan terpelihara baik. Berikut ini Berita Daerah memilihkan beberapa objek wisata pilihan yang dapat dinikmati di Kabupaten Paser.

  1. Sadurengas Museum

Museum ini dahulunya adalah istana Kerajaan Paser, berlokasi di Pasir Belengkong. Di dalam museum kita dapat menemukan benda-benda kuno yang bernilai sejarah, seperti: porselen antik dari Dinasti Yuan, peralatan rumah tangga jaman kuno, baju tradisional Kerajaan Paser.

  1. Air Terjun Doyam Turu

Doyam Turu artinya tujuh tingkat. Doyam Turu berlokasi di Desa Lempesu, Pasir Belengkong. . Dahulu tempat ini merupakan ibu kota dari Kerajaan Sadurengas sebelum dipindahkan ke Benuwo. Air terjun ini dapat dicapai dari Tana Paser dengan mobil atau motor hanya dengan 30 menit berkendara.

  1. Air Terjun Doyam Seriam

Air terjun yang tingginya 50 meter ini memiliki berbagai flora dan fauna yang khas dari Kalimantan Timur. Terletak di Desa Modang, 11 kilometer dari jalan utama provinsi.

  1. Pemandian Air Panas Danum Layong

Ditempuh satu setengah jam dari Tanah Grogot dengan menggunakan transportasi darat tempat ini layak dikunjungi karena pemandian kolam air panas alami ini selain indah juga dapat menyembuhkan penyakit kulit.

  1. Gua Mangkulangit

Mangkulangit adalah bahasa lokal setempat yang artinya gua yang membawa ke langit. Berlokasi di Muara Komam, tepatnya di Muara Kuaro. Air sungai Kandilo mengalir di bawah gua. Pemandangan sangat indah di kiri dan kanan sungai Kandilo dengan pohon-pohon rindang yang tumbuh alami, sangat sejuk terasa.

 

(Vera Herlina-BD)

About Vera Herlina

Partner of Management and Technology Services Vibiz Consulting, Journalist Vibiz Media Network

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.