Kopi Enak, Kopi Asli dari Pasuruan

(Beritadaerah – Ekonomi) Semua orang tahu Indonesia adalah gudangnya kopi enak. Sebut saja kopi Toraja, Aceh Gayo dan Sumatera Utara, semua pasti sudah sangat familiar. Indonesia memang penghasil kopi yang luar biasa dan keragaman daerahnya membuktikan citarasa kopi yang dihasilkan pun beragam.

Namun, siapa pernah tahu bahwa Pasuruan juga penghasil kopi yang enak? Pemerintah Kabupaten Pasuruan sangat menyadari hal ini dan membuat langkah yang strategis di pameran APKASI yang baru saja berlalu beberapa minggu lalu untuk memperkenalkan kopi daerahnya. Bahkan Kabupaten Pasuruan mewajibkan semua produk kopi Pasuruan diberikan tulisan KAPITEN dengan lambang kapten yang khas. KAPITEN sendiri singkatan dari Kopi Asli Kabupaten Pasuruan.

Kopi Pasuruan tumbuh dan berkembang di dataran tinggi, jenisnya ada jenis Robusta dan Arabica. Untuk kopi Robusta ditanam pada ketinggian 400-800m dpl, sedangkan jenis Arabica ditanam pada ketinggian 700-1500 m dpl. Pasuruan mampu menghasilkan 1.355,55 ton kopi ose dengan rata-rata per hektar sebesar 713,75 kg.

Kopi Kapiten yang dilaunching leh Bupati Pasuruan pada 25 Oktober 2015 di Ampi Teater Taman Candra Wilwatikta Pandaan ini memang memiliki cita rasa yang tinggi yang telah sejajar dengan kopi unggulan daerah lain. Merknya cukup beragam seperti Kopi Suwuk, Kopi Lanang, Kopi Tunas Sari, Kopi Pak Tani, Kopi Lesung, Bon Jawi Coffee, Kopi Sumadi. Kopi Pasuruan yang tersedia dalam bentuk roasted bean maupun dalam bentuk bubuk ini, berani bersaing dengan kopi lain tentunya. Harus dicoba tentunya!

Pemerintah Kabupaten Pasuruan memang menunjukkan keseriusannya dalam membantu para petani kopi untuk berkembang. Saat ini telah dilaksanakan pembinaan dan peningkatan pengetahuan untuk para petani kopi, selain itu juga melakukan peremajaan terhadap kebun kopi yang tidak produktif. Bahkan Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga memberikan bantuan alat pengolahan kopi. Daerah-daerah yang potensial seperti daerah Purwodadi, Purwosari, Prigen, Tosari, Tutur, Lumbang, Puspo terus dikembangkan.

Kopi Pasuruan kini menjadi potensi komoditas perkebunan nomor satu dari Kabupaten Pasuruan. Para pecinta kopi, jangan lupa mampir ke Pasuruan untuk mencoba kopi enak nusantara yang satu ini.

(Vera Herlina/BD)

About Vera Herlina

Partner of Management and Technology Services Vibiz Consulting, Journalist Vibiz Media Network