Perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado Selesai Agustus 2020

(Beritadaerah – Manado) Pemerintah menargetkan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado dapat selesai pada Agustus 2020. Hal ini ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung bandara tersebut bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (4/7).

Turut juga mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja yaitu Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Johan Budi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

“September ini dimulai pengembangan bandara, Agustus 2020 sudah rampung,” ujar Presiden Jokowi yang dikutip laman Dephub, Kamis (4/7).

Saat ini landas pacu bandara Sam Ratulangi adalah sepanjang 2.650 m x 45 m dan akan diperpanjang menjadi 2.800 m. Sedangkan luas terminal saat ini adalah 26 ribu meter persegi dan kapasitas 2,5 juta penumpang per tahun. Adapun anggaran yang perluasan bandara ini adalah sebesar lebih kurang Rp. 500 miliar.

“Dengan pengembangan ini nanti luas terminal penumpang totalnya menjadi 56.000 meter persegi yang bisa mengangkut kurang lebih 6 juta penumpang,” tambah Presiden.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado ditargetkan untuk meningkatkan kapasitas, sehingga semakin banyak wisatawan yang dapat berkunjung ke wilayah Sulawesi Utara.

“Dengan perbaikan dan perluasan infrastruktur transportasi seperti bandara ini, maka target kita adalah meningkatkan jumlah wisatawan yang ke sini. Karena daerah Sulawesi Utara ini potensi pariwisatanya sangat tinggi sekali,” sebut Menhub.

Sebagai upaya Pemerintah untuk mengembangkan Bandar Udara di Indonesia, pada tahun 1990 PT Angkasa Pura I menjadi pengelola dari Bandar Udara Sam Ratulangi. Setiap tahun jumlah penumpang di bandara ini mengalami peningkatan, baik domestik ataupun internasional.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.