(Foto: Handi/BD)

Apkasi Otonomi Expo 2019, Fokuskan Produk Unggulan

(Beritadaerah – Nasional) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2019 kembali diadakan di Jakarta pada tanggal 3-5 Juli 2019. Acara ini merupakan wadah bagi setiap kabupaten di Indonesia mempromosikan potensi kabupatennya masing-masing. Pameran ini bisa diikuti oleh semua masyarakat umum juga selain peserta pameran itu sendiri, karena memang dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Apkasi Otonomi Expo 2019 dibuka oleh Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mewakili Presiden Jokowi pada hari Rabu (3/7/2019) di Jakarta Convention Center. Wiranto menyampaikan bahwa Presiden Jokowi mengharapkan adanya inovasi-inovasi baru di semua daerah tetapi selain itu juga berkolaborasi. Jadi setiap daerah selain berpacu kompetisi dalam inovasi, tetapi tetap harus ada kolaborasi. Diharapkan dari berbagai pameran produk daerah ini, maka setiap pemerintah daerah dapat saling belajar dan saling mengkombinasikan keunggulan daerah masing-masing.

Salah satu hal penting yang disampaikan oleh Wiranto adalah setiap pemerintah daerah harus fokus mengerjakan produk unggulan daerahnya supaya bisa bersaing di tingkat dunia. Tidak bisa mau mengembangkan semua produk, harus ada produk unggulan yang difokuskan, itu yang akan menjadi komoditas yang dimaksimalkan tidak hanya di skala nasional tapi juga skala global. Diingatkan juga untuk para pengusaha lokal setiap daerah dapat memanfaatkan teknologi seperti e-commerce untuk memasarkan produk-produk mereka.

Pameran ini juga akan mempertemukan antara kepala daerah pemilik potensi komoditi dan investasi dengan investor dalam dan luar negeri. Selain itu juga dapat menjadi wadah pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Para pelaku UMKM ini dapat melihat bagaimana dengan kemasan yang berkualitas maka produk UMKM ini bisa masuk ke pasar di Indonesia dan juga sampai ke luar negeri.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.