Taman Nusa Gianyar Jadi Mitra Co-Branding Wonderful Indonesia

(Beritadaerah – Bali) Dalam upaya memberikan informasi budaya secara utuh kepada para wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Bali, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak salah satu destinasi budaya favorit di Bali yakni Taman Nusa Gianyar untuk menjadi mitra Co-Branding Wonderful Indonesia. Bali sendiri terkenal dengan kearifan budaya lokal dikalangan wisman.

Taman Nusa Gianyar merupakan salah satu destinasi wisata yang menyajikan pengalaman mengelilingi Indonesia di dalam satu lokasi. Berlokasi di Banjarangkan Banjar Blahpane Kelod, Sidan, Gianyar, Bali, pengunjung dapat mengelilingi lahan seluas 15 hektare ini untuk menyaksikan berbagai hal, mulai dari Kampung Budaya (terdiri dari rumah tradisional yg berjumlah lebih dari 60 bangunan), museum etnografi, wayang, dan kain, serta hal lain yg berkaitan dengan budaya Indonesia.

“Taman Nusa ini destinasi menarik. Wisatawan bisa mendapatkan pengalaman budaya secara utuh. Spot ini sangat potensial untuk terus berkembang. Bergabungnya Taman Nusa dengan Wonderful Indonesia melalui co-branding tentu sangat bagus serta dapat menjadi kolaborasi yang paten,” ungkap Menpar dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Jumat (28/6).

Sebagai mitra co-branding, ada beberapa kerja sama yang bisa dilakukan Kemenpar dengan Taman Nusa. Pertama melalui sinergi tersebut, branding pariwisata Indonesia semakin kuat terlebih sepanjang 2018, arus wisatawan Tiongkok yang menuju Bali mencapai 1,36 juta orang.

Untuk menarik wisatawan Tiongkok, Menteri Pariwisata bahkan meminta Pemilik Taman Nusa Gianyar Santoso Senangayah membuat restoran masakan China atau chinese food. “Untuk menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok, Menpar meminta kami membuka restoran Chinese food di Taman Nusa Gianyar dengan koki dari Tiongkok. Karena wisatawan Tiongkok yang menghabiskan waktu cukup lama di Bali pasti akan mencari makanan daerah asalnya,” ujar Santoso.

Kerja sama yang berikutnya adalah peningkatan atraksi yg bersifat digital serta berkolaborasi dengan komunitas pecinta dan pemerhati pariwisata Indonesia, khususnya wilayah Gianyar, Bali. Taman Nusa diharapkan bisa menyelenggarakan Pasar Digital bekerja sama dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi).

Sinergi dengan Taman Nusa Gianyar Bali dinilai Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani berpotensi memenangkan pasar milenial. Generasi milenial memang menjadi pangsa pasar menjanjikan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu