Ilustrasi: Bandara Sentani JAYAPURA (Photo: Fadjar AD/BD)

Pemerintah Bebaskan PPN Jasa Sewa Pesawat Demi Turunkan Harga Tiket

(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Pemerintah Indonesia berencana membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas jasa sewa pesawat yang datang dari luar negeri. Hal ini dilakukan guna membantu maskapai penerbangan menurunkan biaya operasional demi menurunkan harga tiket pesawat.

Kepala Badan Kebijakan FIskal (BKF) Suahasil Nazara dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (25/6) menjelaskan pihaknya bakal merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2015 guna membebaskan PPN tersebut.

Suahasil mengatakan: “Kalau sudah ditetapkan (pembebasan PPN pesawat) ini mengurangi struktur biaya maskapai. Tapi struktur biaya maskapai bukan hanya PPN, ada berbagai macam”.

Pemerintah sebenarnya sudah menimbang rencana pembebasan PPN tersebut sejak lama lantaran mengacu praktik di internasional. Namun, insentif pajak tersebut belum sempat direalisasikan.

“Beberapa waktu lalu kami sudah pikirkan (pembebasan PPN untuk jasa sewa pesawat) dan ini timing yang pas berkaitan dengan harga tiket,” terang dia.

Dijelaskan juga oleh Suahasil bahwa pemerintah sebenarnya juga sudah memberikan insentif pajak kepada maskapai penerbangan. Insentif tersebut berupa pembebasan PPN atas pembelian pesawat, pembebasan bea masuk atas bahan baku perbaikan atau pemeliharaan pesawat terbang yang tertuang dalam PMK Nomor 35 Tahun 2016.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.