(Beritadaerah –  Wisata Nusantara) Nusa Tenggara Timur tidak diragukan lagi dengan kekayaan alamnya yang sangat memanjakan mata. Destinasi wisata yang sangat terkenal seperti Pulau Komodo dengan Taman Nasionalnya, Labuan Bajo, Pulau Kanawa dan daerah yang penuh daya tarik wisata lainnya.

Menyambut matahari terbit di sebuah dermaga pantai Pulau Messah (Foto: Philipus SK/ BD)

Jika Anda berada di Pulau Kanawa, dapat menyeberang menuju satu pulau yang unik yang disebut Pulau Messah. Pulau Messah secara administratif berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Letak pulau Messah ini tak jauh dari Pulau Kanawa, dan termasuk pulau yang sangat padat penghuninya.

Perahu penduduk tertambat di pantai Pulau Messah (Foto: Philipus SK/ BD)

 

Warga di Pulau Messah umumnya bukan suku Bajo asli tetapi para nelayan pendatang. Salah satu keunikannya,  semua rumah di Pulau Messah berbentuk panggung. Mengapa demikian? Karena di Pulau Messah ini pada bulan-bulan tertentu digenangi air laut dan berubah menjadi seperti perkampungan di atas air.

A unique boat with large wings in its sides,in Messah Island (Foto: Philipus SK/BD)

Tidak ada bosannya memandang keindahan alam di pulau kecil ini apalagi jika Anda berkesempatan bersapa dengan penduduk setempat yang cukup ramah dan gembira menyambut siapapun yang berkunjung ke pulaunya.

Mari, habiskan masa liburan Anda dengan mengunjungi pulau-pulau indah di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini.

Foto: Philipus SK/BD

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani