(Beritadaerah – Jakarta) Setelah promosi brand pariwisata “Wonderful Indonesia” tampil di Kota Paris, Prancis pada awal bulan Juni lalu, kini giliran dua kota besar dan simpul destinasi wisata di Rusia yakni Moscow dan St Petersburg. Promosi brand pariwisata ini dilakukan untuk menarik lebih banyak wisatawan dari kawasan Rusia ke Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya, di Jakarta, Rabu (19/6).  Nia mengatakan wisatawan mancanegara (wisman) dari Rusia semakin besar dan pertumbuhannya semakin banyak.

“Mereka selama ini banyak yang sudah sampai di Thailand dan Vietnam. Maka ini saatnya menarik mereka ke Indonesia. Beberapa yang telah kami lakukan selain melalui channel digital, kami juga membungkus bus-bus pariwisata di dua kota yang memang sudah menjadi tujuan banyak wisatawan di Rusia ini dengan brand Wonderful Indonesia,” kata Nia dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (19/6).

Nia menambahkan, Moscow dan Saint Petersburg dipilih sebagai lokasi branding karena merupakan kota sentral di Rusia. Di samping Moscow dan Sanit Petersburg merupakan kota besar dan padat penduduk.

Di Moscow, branding dilakukan pada open great bus. Sejumlah destinasi wisata Indonesia akan terpasang di bus-bus termasuk foto destinasi Bali, beberapa destinasi di Jawa Tengah, hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Branding dilakukan sejak 15 Juni dan akan berakhir pada 14 Juli 2019.

Rute yang dilalui open great bus yang telah dibranding yaitu Bolotnaya Square, Arbatskaya Square, Sivtsev Vrazhek lane, Vozdvizhenka Street, Smolenskaya Square, Borodino Bridge, Taras Shevchenko emb. Ukraine Hotel, Novinsky Boulevard, Arbat Gates, Alexander Garden, Okhotny Ryad, GUM, dan Lubyanka Square.

Di wilayah ini, open great bus yang telah dibranding akan melalui rute St. Isaac’s Cathedral, Palace Square, Kazan Cathedral, Anichkov Palace, Vosstaniya Square, Eliseyev Brothers Emporium, Arts Square, Summer Garden, Eternal Flame, Palace Embankment, dan Bronze Horseman.

Kemenpar juga sempat mempromosikan Wonderful Indonesia dengan cara serupa saat ajang Piala Dunia 2018. Langkah itu dianggap efektik karena ketika itu fokus publik di seluruh dunia sedang terpusat ke sana termasuk ribuan media dari ratusan negara menyorotkan kameranya ke Rusia sebagai tuan rumah acara.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan jumlah kunjungan wisman pada April 2019 sebesar 1,3 juta atau turun 2,7 persen dibandingkan pada Maret 2019. Secara kumulatif dari Januari hingga April 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 5,12 juta kunjungan. Sedangkan kunjungan wisman asal Rusia dari Januari hingga April 2019 mencapai 60.400 kunjungan dan pada tahun 2018 sebanyak 125.728 orang atau meningkat 6.97 persen dari 2017 sebanyak 117.532 orang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.