Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Bali

Promosi Budaya Bali, Presiden Jokowi dan Keluarga Berpawai di PKB 2019

(Beritadaerah – Bali) Dalam kunjungan kerjanya beberapa hari di Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas dan turut serta berpawai dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) yang berlangsung di depan Monuman Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar, Sabtu (15/6). Acara PKB yang ke-41 Tahun 2019 merupakan ajang promosi budaya khas dari kabupaten/kota seluruh Bali dan provinsi lain bahkan hingga perwakilan dari luar negeri.

Presiden Jokowi yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak mengajak serta keluarganya termasuk cucu, Jan Ethes. Turut hadir putra dan menantunya, Gibran Rakabuming Raka dan Selvie Ananda. Tampak hadir pula putri kedua Jokowi beserta suami, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga anaknya yang masih balita Sedah Mirah. Kedatangan Presiden Jokowi yang didampingi oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung diiringi oleh 100 penari pendet dan baris gede.

Presiden menandai pelepasan pawai PKB dengan pemukulan kulkul yang kemudian disambut Tabuh Ketug Bumi persembahan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, sekaligus mengiringi maskot PKB Siwa Nataraja.

“Dengan memohon pada Ida Syang Hyang Widhi Wasa hari ini saya membuka pawai Pesta Kesenian Bali yang ke-41 tahun 2019 matur suksema,” kata Jokowi sebelum memukul kulkul.

Pawai PKB 2019 memiliki konsep dengan format peserta tampil beriringan sambil berjalan dalam waktu maksimal 7 menit. Secara umum, konsep pawai masih tetap berlandaskan pada konsep penggalian, pembinaan, pengembangan, dan pelestarian. Sebagai inti garapan, wajib menampilkan kekhasan budaya daerah masing-masing, serta garapan seni kolosal yang berhubungan dengan unsur angin.

Dalam keterangan resminya kepada Beritadaerah.co.id, Sabtu  (15/6), Ketua Tim Pelaksana Top 100 Calender of Event Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti di Bali mengatakan PKB merupakan ajang yangg menyatukan Produk, Proses, dan Philosphy.

Esthy juga meminta agar masyarakat dapat membantu dalam menciptakan rasa aman dan nyaman saat dihelatnya PKB 2019 sehingga wisatawan merasa senang dan nyaman saat berkunjung.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani yang juga hadir pada kesempatan itu menyambut baik PKB 2019 sebagai ajang promosi budaya sekaligus daya tarik wisata Bali bagi wisatawan.

Dengan promosi budaya ini diharapkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali mengalami peningkatan. Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat jumlah kunjungan wisman ke Bali pada April 2019 mencapai 476.327 kunjungan. Jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019 mengalami peningkatan  sebesar 5,94 persen. Jumlah wisman ke Bali masih didominasi oleh wisman asal Tiongkok, disusul oleh Australia dan India.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.