Pesan Kang Emil Kepada Direksi BJB, Titip Tiga Nilai Perubahan

(Beritadaerah – Bandung) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usia mengikuti RUPS Bank BJb mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh direksi Bank BJB untuk mencapai bank pembangunan daerah yang maju dan mencapai bank kategori buku empat.

“Saya titipkan tiga nilai profitability, pro development dan pro poor. Nah visi itu terjadi perubahan mendasar untuk BJB. Pro development kembali jadi bank pembangunan, pro poor supaya mengutamakan UKM dan mereka yang membutuhkan. Kemudian karena ini zaman sudah 4.0 maka ditambah direksi baru yaitu direksi IT dan international banking,” ujarnya di Trans Hotel Bandung, Selasa (30/4).

Dengan demikian, menurutnya kedepan Bank BJB akan memiliki tujuh direktur, dimana direktur terbaru adalah direktur IT.
” Jadi direkturnya total jadi 7 tadinya 6. Kemudian diusulkan nama-nama hasil diskusi berkali-kali dengan OJK, keluarlah nama diangkat diproses untuk jadi definitif setelah fit and proper test tiga minggu atau sebulan dari sekarang,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2018, perolehan laba dan kinerja yang positif terus ditunjukan bank bjb dengan perolehan laba bersih yang naik sebesar 28,1% year on year (y-o-y) atau berada di atas pertumbuhan laba bersih industri perbankan per Desember 2018 yang sebesar 10,36% y-o-y. Peningkatan dividen per saham ini seiring dengan kinerja positif perusahaan di tahun 2018.

Adapun dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun menjadi sebesar Rp 87 triliun, sehingga total aset menjadi sebesar Rp120,2 triliun atau naik 4,5% y-o-y. Pertumbuhan DPK ini didorong dari pertumbuhan dana murah yaitu tabungan sebesar 16%, sehingga CASA Ratio naik dari 46,1% menjadi sebesar 47,1%.

Di tengah tekanan ekonomi nasional dan global yang belum stabil, bank bjb mampu bertahan dan tetap tumbuh berkualitas, bank bjb mampu mencatatkan kinerja keuangan dengan pencapaian yang baik, selain kinerja keuangan bank bjb juga berhasil mendapatkan berbagai prestasi gemilang dengan total sebanyak 46 penghargaan yang diberikan dari berbagai lembaga terpercaya di Indonesia, seperti Majalah Infobank, Majalah Investor, Majalah Warta Ekonomi, Majalah Economic Review, Majalah SWA, Tempo Media, Majalah Business News, KPK, dan lainnya dimana ini merupakan bukti nyata dan kerja keras dari seluruh insan bank bjb serta berbagai pihak yang turut mendukung dan memberikan kepercayaan kepada bank bjb dalam menghadapi persaingan industri perbankan yang semakin ketat.

Prestasi yang telah diraih, diharapkan mampu menjadikan pemicu semangat bank bjb sebagai Bank Daerah terbesar di Indonesia yang me-nasional, untuk lebih berkontribusi memberikan tanda mata terbaik kami bagi negeri dan menghadirkan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Source : jabarprov

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.