Pemprov Jabar Gandeng Amazon Bangun Teknologi Data Center

(Beritadaerah – Bandung) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membangun infrastruktur teknologi dan informasi dalam upaya meningkatkan ekonomi dan mewujudkan provinsi digital.  Untuk itu Pemprov Jawa Barat menggandeng perusahaan cloud computing Amazon Web Service (AWS) yang dimiliki orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/4), setelah negosiasi panjang dengan salah satu perusahaan teknologi e-commerce terbesar di dunia yang berminat berinvestasi di Jawa Barat pada 2019.

“Kita terus melobi perusahaan-perusahaan teknologi untuk datang ke Jabar sebagai provinsi terbesar dan tersiap. Alhamdulillah dari lobi-lobi ini perusahaan teknologi e-commerce terbesar selain Alibaba yaitu Amazon bersedia investasi,” ungkap Ridwan Kamil yang dikutip laman jabarprov, Kamis (25/4).

Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Emil mengatakan bahwa tak tanggung-tanggung, nilai pada investasi Amazon mencapai belasan triliun rupiah. Amazon sudah siap membangun teknologi data center di tiga daerah Jawa Barat sebagai backbone Asia Pasifik.

Dalam pembahasan kerjasama tersebut, Emil meminta Amazon untuk membangun 4.0 Institute untuk mendidik milenial dan generasi Z. Nantinya kerjasama ini akan memenuhi kebutuhan satu juta lapangan kerja kata Emil.

Teknologi data center Amazon ini juga akan melayani kebutuhan startup para pelaku bisnis e-commerce. Selama ini backbone data center Asia Pasifik berada di Singapura. Saat ini, Singapura memiliki data center tercanggih di Asia Tenggara. Namun Emil meyakini, suatu saat akan tersaingi dengan hadirnya Amazon di Jawa Barat.

Amazon sendiri merupakan perusahaan teknologi dan perdagangan online terbesar di dunia yang berkantor pusat di Seattle, Amerika Serikat yang dimiliki oleh Jeff Bezos. Berdasarkan data Forbes World’s Billionaires 2019, pendiri atau CEO Amazon Jeff Bezos kembali menduduki posisi puncak daftar Forbes World’s Billionaires 2019 atau menjadi orang terkaya di dunia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).