(Beritadaerah – Wisata Nasional) Pulau Batam di Provinsi Kepulauan Riau memang menawarkan sejumlah lokasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Jembatan Barelang. Jembatan ini hampir sama dengan jembatan San Fransisco di negara Paman Sam yang selalu mencerminkan Amerika yang klasik.

Sebagai kota transit, Batam dengan kesahajaannya menawarkan kisah tentang jembatan sepanjang 642 meter layaknya sepotong San Fransisco di Indonesia. Jembatan Barelang yang diprakarsai oleh B.J. Habibie di tahun 1991 ini menjadi ikon dan landmark Batam kini. Namanya diambil dari singkatan BAtam, REmpang, dan gaLANG serta difungsikan untuk menghubungkan tiga pulau besar tersebut, dan beberapa pulau kecil yang termasuk dalam Kepulauan Riau.

Jembatan Balerang di Batam, Kepri (Photo: Kemenpar)

Selain mirip Golden Gate yang ada di San Fransisco, California, Amerika Serikat, dalam ukuran mini, Jembatan Barelang juga terlihat begitu mempesona dengan latar belakang pemandangan laut yang berwarna biru dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

Bila biasanya para fotografer mengabadikan Barelang dari sisi sebelah kiri atau persisnya berada di ikon miniatur Jembatan Barelang, sesekali patut dicoba berburu matahari terbit (sunrise) dan mengabadikan jembatan yang terlihat paling megah dan besar di antara lima jembatan lainnya di Batam ini dari sisi kanan.

Untuk menuju Jembatan Balerang dan menikmati sunrise, pengunjung harus menyewa kendaraan dari Kota Batam, kurang lebih 15 kilometer dan menempuh 30 menit perjalanan. Transportasi yang digunakan bisa menggunakan transportasi online atau menunggu angkutan umum Damri yang melintasi Barelang. Matahari akan terbit sekitar pukul 05.50 WIB dan pengujung dapat mengabadikan sunrise di sana.

Jembatan Balerang di Batam, Kepri (Photo: Lia/BD)

Di pagi hari dan menjelang sore, banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke jembatan ini untuk melepas penat dengan menghirup udara segar sambil menikmati panorama alam yang terbentang luas di sekitar jembatan.

Di sekitar jembatan terdapat pelabuhan rakyat yang menawarkan wisata berkeliling dengan perahu. Bagi pengunjung yang hobi menelusuri alam dapat menyewa perahu untuk sekedar berkeliling, bahkan bisa juga digunakan untuk berkunjung ke Pulau Akar yang letaknya cukup dekat dengan Jembatan Barelang.

Jembatan Balerang di Batam, Kepri (Photo: Kemenpar)

Disamping memiliki lokasi wisata menarik, Batam terkenal juga dengan kulinernya yakni Sup Ikan Batam. Kuliner olahan dari seafood ini sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

 

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

5 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.