(Beritadaerah – Wisata Nasional) Halmahera Selatan, salah satu Kabupaten di Maluku Utara (Malut) kaya akan destinasi yang menakjubkan. Masih saja ada surga tersembunyi dibalik gugusan pulau Halmahera Selatan yang ditemukan, salah satunya gugusan Pulau Tawale yang berada di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan.

Destinasi ini memiliki bentangan alam yang indah dan keunikan tersendiri. Tawale juga memiliki beberapa sebaran Pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dilihat dari tipe ekosistem, gugusan pulau Tawele merupakan pulau yang terbentuk dari batu karang dan memiliki hutan yang masih perawan.

Air lautnya terlihat begitu jernih dan menyegarkan. Hal ini membuat hamparan terumbu karang dengan aneka biota lautnya terlihat dengan sangat jelas, bahkan dengan mata telanjang. Saking indahnya, gugusan kepulauan Tawale membuat banyak wisatawan yang mengatakan Kepulauan Tawale tak kalah indah dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Tawale, Surga Wisata Tersembunyi di Utara Halmahera Selatan (Photo: Kemenpar)

Keelokan Tawale layak untuk di kembangkan sebagai destinasi wisata unggulan kelas Dunia di Kabupaten Halmahera Selatan. Pulau Tawale memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri. Untuk itu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Halmahera Selatan terus mempromosikan serta mempersiapkan destinasi ini. Harapannya Pulau Tawale akan menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Halmahera Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Halmahera Selatan Muhammad Nur mengatakan: “Boleh dibilang, Pulau Tawale bisa disandingkan dengan keindahan Kepulauan Mandeh dan Raja Ampat. Keanekaragaman hayati juga menjadi aset utama di wilayah ini, di samping kekayaan laut dan panorama alamnya. Saat ini kami terus berupaya untuk mengembangkan dan mempromosikan destinasi ini sehingga mampu mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke sini”.

Akses menuju Pulau Tawale terbilang mudah. Dari Pulau Bacan, wisatawan bisa mengakses dengan menumpang atau menyewa speed boat dari pelabuhan Labuha. Jarak dari Labuha ke Tawale bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan. Dan pastinya sepanjang perjalanan wisatawan dijamin tidak akan bosan, karena dimanjakan oleh indahnya gugusan pulau di Halmahera Selatan.

Perlu dicatat, wisatawan harus menyiapkan peralatan camping dan logistik secukupnya. Karena di pulau Tawale, tidak ada home stay apa lagi warung atau rumah makan. Pulau Tawale memang masih benar-benar alami dan belum tersentuh sama sekali oleh tangan manusia.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, memberikan tanggapannya mengenai destinasi wisata di Maluku Utara: “Soal destinasi di Malut saya sudah tidak ragu. Sudah pasti keren, meski harus terus dikembangkan. Malut itu gerbang bahari Indonesia Timur. Surga bahari Indonesia. Tentunya langkah pengembangannya juga didukung promosi yang gencar. Ini sudah bagus berkolaborasi dengan GenPI. Dan jangan ragu untuk berkoordinasi terus dengan pusat. Kami pasti akan membantu daerah-daerah yang serius mengembangkan pariwisatanya”.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.