(Beritadaerah – Info Daerah)Kabupaten  Garut di Jawa Barat memang terkenal dengan wisata air terjun/curug dan juga pantainya yang indah. Tapi masih ada segudang alternative di Kabupaten Garut yang bisa dikembangkan untuk menarik wisnus bahkan wisman untuk berkunjung.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat menghadiri acara Gebyar Pesona Budaya Garu (GPBG), di Alun-alun Garut, Jawa Barat, Sabtu (6/4), menyampaikan usulannya yakni  tiga langkah untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), melalui pengembangan pariwisata berbasis digital.

“Garut ini adalah Kabupaten dengan event pariwisata terbanyak tahun ini, ada 123 event, mengungguli Banyuwangi yang hanya 99 event. Ini merupakan kekuatan Garut,” kata Menpar Arief Yahya

Menpar mengusulkan 3 hal untuk mempromosikan pariwisata Garut yang melibatkan anak-anak muda kaum milenial. Pertama dengan memperbanyak spot-spot destinasi yang indah di Garut dan mempromosikan pariwisata menggunakan digital media atau media sosial agar mendunia. Kedua, dengan membangun 3 destinasi digital tahun ini yang disesuaikan dengan karakteristik kaum milenial. Usul yang ketiga, tambahnya, adalah dalam hal pengembangan sumber daya manusianya.

“Agar anak-anak muda di Garut yang lulusan program studi pariwisata agar segera disertifikasi di bidang pariwisata dengan level ASEAN,” kata Menpar. Ia juga meminta Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman agar menindaklanjuti usulan tersebut.

Secara resmi GPBG 2019 diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dengan penabuhan gendang bersama didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, Bupati Kabupaten Garut Rudi Gunawan, Kadisparbud Jawa Barat Deddy Tufiqurrohman, Ketua DPRD Garut Ade Ginanjar, dan perwakilan duta besar negara sahabat.

Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Garut yang ke-206 yang diperingati setiap 16 Februari 2019. Dengan mengangkat tema “Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang”, Kabupaten Garut berupaya melestarikan budaya bangsa untuk dikenal hingga mancanegara.

Bupati Garut, Rudi Gunawan, mengatakan ada 123 event budaya, kesenian, dan pendidikan yang sudah disiapkan sepanjang tahun ini. “Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 menjadi event budaya berbasis ekonomi kreatif yang berupaya mewujudkan sinergitas akselerasi kemajuan kebudayaan untuk kekuatan ekonomi nasional,” kata Rudi.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.