Jokowi basah kuyup di tengah massa pendukung pada kampanye terbuka di Tegal, 4 April 2019 (Photo Dok. TKN)

Jokowi di Tegal, Basah Kuyup Namun Semangat Membara Bersama 20.000 Pendukung

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Dalam safari kampanye terbuka paslon 01 di Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019), Joko Widodo (Jokowi) bergerak melalui perjalanan darat dari Kabupaten Banyumas menuju Tegal “Ngapak”.

Suasana bertolak belakang dengan panasnya Kota Banyumas, karena calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo tiba di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, disambut dengan hujan deras. Namun demikian sungguh luar biasa, sekitar 20.000 pendukung Jokowi tidak beranjak, rela basah kuyup dan tetap memadati lapangan bola Dukuh Salam, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, tempat kampanye berlangsung.

Selalu ada yang unik di setiap kota atau kabupaten tempat kampanye berlangsung, demikian pula di Tegal ini. Melihat antusiasme pendukung yang tidak beranjak meski diguyur hujan lebat, tiba di lokasi Jokowi dalam kondisi basah kuyup langsung naik ke panggung dan menyapa pendukungnya dari atas panggung yang didisain tanpa atap tersebut.

Jokowi basah kuyup pada kampanye terbuka di Tegal, 4 April 2019 (Photo: Dok. TKN)

Terdengar teriakan histeris disertai lambaian tangan seluruh pendukung yang menyebutkan nama : ”Jokowi….Jokowi….” Tanpa bisa dibendung dengan antusias dan kegembiraan dan suara massa yang luar biasa ditengah guyuran hujan, menyanyikan: “Ayo kita pilih Jokowi….satu kali lagi”.

Jokowi berorasi singkat, dibuka dengan nada canda “ Oke….kertas sambutannya basah semuanya…”, lalu menyampaikan beberapa hal kepada para pendukungnya. Pada pilpres 2014 Jokowi di Kabupaten Tegal mendapatkan suara 63%. “Tapi melihat antusias pada hari ini, meskipun kehujanan tidak ada yang bergerak sama sekali ….saya ingin memastikan di Kabupaten Tegal kita harus dapat 75% ke atas”, yang disambut dengan teriakan setuju dengan telunjuk jari lalu jempol diangkat ke atas dari seluruh yang hadir.

Jokowi mengingatkan 17 April tinggal 2 minggu lagi, harap dijaga semangatnya seperti hari ini dan jangan biarkan yang lain masuk Kabupaten Tegal.

Selanjutnya Jokowi menjelaskan program tiga kartu dari Capres yakni: Kartu Sembako Murah, KIP Kuliah dan Kartu Pra Kerja, yang disambut gembira oleh seluruh pendukung.

Pada akhir orasinya, Jokowi menyampaikan klarifikasi terhadap sejumlah kabar hoaks dan mengingatkan semua pendukung untuk berhati-hati dan lawan kabar-kabar fitnah.

Acara diakhiri dengan Jokowi menyalam sebagian massa di sekitar panggung dan bersama teriakan pendukung yang tidak ada hentinya serta lagu penyemangat “Ayo kita pilih Jokowi …. satu kali lagi”, Jokowi beserta rombongan meninggalkan lokasi.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.