(Beritadaerah – Pilpres 2019) Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi , hari Selasa, 2 April 2019 melakukan kampanye Pilpres 2019 di Palembang, Sumatera Selatan.

Tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Jokowi langsung dibawa masuk ke mobil hias berbentuk kapal Sriwijaya dan diarak menuju Palembang Sport and Convention Center (PSCC) yang berjarak hanya sekitar 500 meter dari bandara.

Jokowi dan Iriana diarak menuju PSCC Palembang (Photo Dok. TKN)

Arak-arakan diawali oleh rombongan pasukan dan penari yang mengenakan pakaian adat berwarna-warni keemasan. Sedangkan mobil hias yang dinaiki Jokowi dan Iriana berada di bagian paling belakang dari arak-arakan pawai. Bunyi tabuhan yang sangat dinamis mengiringi arak-arakan dan membuat suasana semakin meriah.

Sepanjang perjalanan masyarakat menyambut dan meneriakkan nama Jokowi serta melambaikan tangannya. Setelah tiba di PSCC, Jokowi langsung masuk dan menyapa ribuan pendukung yang sudah memenuhi gedung PSCC.

Jokowi tiba di PSCC Palembang (Photo Dok. TKN)

Membuka orasinya Jokowi menyampaikan isi hatinya: “Saya sangat berbahagia….. sekali, siang hari ini alhamdullilah saya sangat senang sekali”, lalu disambung dengan pantun singkat yang menuai kegemuruhan tepuk tangan para pendukung.

Palembang adalah kota yang multi cultural, demikian Jokowi melanjutkan, dan menyebut Palembang sebagai miniaturnya Indonesia. Semua agama, suku, budaya, adat dan tradisi ada di Sumatera Selatan khususnya Palembang, semua gembira menyambut Pemilu 2019.

Jokowi menyampaikan beberapa hal penting: pertama bahwa Pileg dan Pilpres 2019 ini peristiwa besar dan sudah menghabiskan anggaran yang tidak sedikit, sekitar 25 triliun rupiah, jadi harus didukung keberhasilannya.

Kedua, Indonesia sebagai Negara besar ingin punya kekuatan TNI yang besar untuk menjaga kedaulatan bangsa. Jadi jangan ada yang menjelekkan atau meremehkan TNI kita yang sudah menjaga kedaulatan bangsa ini lebih dari 70 tahun, sehingga kita harus memberikan penghargaan kepada TNI. “ Perlu saya tekankan supaya kita semuanya tahu bahwa TNI kita kekuatannya nomor satu di ASEAN dan 15 besar di dunia “, demikian Jokowi menegaskan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan didukung TNI yang besar.

Poin berikutnya, ketiga,warga Sumsel khususnya Palembang diapresiasi karena sukses selenggarakan Asian Games. Selanjutnya Jokowi menjanjikan bahwa jalan Tol Trans Sumatera dari Bakahuni sampai Palembang pada bulan Juli 2019 sudah akan tersambung. Sehingga mobilitas barang dan orang menjadi lebih cepat, lebih murah dan makin baik. Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh akan tersambung di 2024. “Siapa yang setuju jalan Tol Trans Sumatera tunjuk jari….”, demikian Capres 01 ini menantang para pendukung dan disambut meriah dengan acungan satu jari telunjuk.

Berikutnya Jokowi berpesan agar masyarakat berhati-hati karena menuju tanggal 17 April 2019 yang hanya tinggal 15 hari banyak berita bohong seperti nanti kalau Jokowi-Ma’ruf Amin menang pendidikan agama akan dihapus, perkawinan sejenis diperbolehkan dan adzan akan dilarang. Ini fitnah yang menyesatkan. “Ini harus diluruskan bapak-ibu dan saudara-saudara sekalian, tolong dibantu untuk meluruskan ini. Siap?“, dan dijawab dengan antusias oleh para pendukung : ”Siap”. Jokowi menyampaikan penting sekali semua membantu meluruskan karena hasil survey menunjukkan ada 9 juta orang yang percaya kabar bohong ini.

Jokowi memperkenalkan 3 Program Kartu di PSCC Palembang (Photo Dok. TKN)

Di penghujung pidato Jokowi juga memperkenalkan rencana program KIP Kuliah, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Murah yang akan diterbitkan tahun depan.

Mengakhiri orasinya, Jokowi mengajak semuanya untuk tanggal 17 April nanti berbondong-bondong ke TPS dengan memakai baju putih, karena yang akan dicoblos baju putih.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.