(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) me-launching Migas Cepu Edupark (MC Edupark) yang berada di wilayah Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Minggu (31/3). Dengan adanya tempat wisata ini, warga Blora, memiliki tempat wisata alternatif baru yang tidak hanya menyajikan tempat hiburan, namun juga beragam unsur edukasi di dalamnya.

Tempat wisata yang digagas oleh Pusat Pengembangan Sumbar Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Cepu ini berdiri di atas lahan milik PPSDM Migas yang sudah tidak produktif lagi.

Hadir dalam peresmian tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Ego Syahrial, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, (BPSDM ESDM) IGN Wiratmaja Puja, Kepala PPSDM Migas Cepu Wakhid Hasyim, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, Pertamina EP Asset 4, SKK Migas, Forkopimcam Cepu dan beberapa pejabat terkait.

Sekjen ESDM Ego Syahrial dalam sambutannya menyampaikan, hadirnya MC Edupark ini menunjukkan bahwa PPSDM Migas mampu hadir di tengah-tengah masyarakat dan menunjukkan aktualisasi dirinya dalam melayani masyarakat. “Sangat bagus sekali. Karena ini bagian aktualisasi sebagai Badan Layanan Umum (BLU) oleh PPSDM Migas,” ujar Ego.

Sebagai bentuk dukungan, lanjut Ego, Kementerian ESDM akan terus memberikan dukungan penuh demi pengembangan wisata edukasi tersebut. Menurutnya, tempat wisata edukatif mengenai migas sangat cocok berada di Cepu. Hal itu karena Cepu dikenal sebagai salah satu cikal bakal keberadaan migas pertama di Indonesia. “Cepu adalah pionir migas kita,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakhid Hasyim memaparkan bahwa MC Edupark merupakan bagian dari optimalisasi asset dan bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kegiatan kemigasan. “Diharapkan menjadi pusat pendidikan sehingga masyarakat luas dapat memperoleh pengetahuan yang tepat terkait kegiatan migas. Mulai dari sejarah migas, peralatan dan proses kerja kegiatan migas,” ujar Wakhid Hasyim dalam soft opening MC Edupark tersebut.

Wahana-wahana yang ada di MC Edupark dilengkapi dengan sarana dan fasilitas permainan edukatif dunia migas. Diantaranya Gedung Wismo Suko yang berisi foto-foto sejarah industri migas dari hulu hingga ke hilir, sarana olahraga seperti lapangan tenis dan kolam renang, 3D Art peralatan-peralatan industri migas serta sarana permainan luar ruang lainnya.

Kehadiran MC Edupark di Blora disambut baik oleh masyarakat Blora dan sekitarnya. Bupati Blora yang diwakili Sekda Blora Komang Gede Irwadi mengatakan, MC Edupark akan menjadi salah satu destinasi yang patut dikunjungi masyarakat. Hal tersebut dikarenakan MC Edupark merupakan tempat wisata yang menawarkan hiburan sekaligus pengetahuan di satu tempat yang sama.

Source : esdm

One Response

  1. click

    The painted coastal coffee table made it easy to serve
    guests and to keep things informal, and there was a
    blue painted coastal cabinet with shelves for decorative items.
    Entering into the dining area I noticed that the table and chairs were really equivalent to the table
    and chairs inside the kitchen. The painted coastal kitchen chairs were painted
    a mixture of blue and white to match the colors of your painted coastal kitchen table.

    Walking into the kitchen I noticed a sizable rectangular coastal painted
    table using the prime part of the table a white colour plus the legs becoming a light blue colour.
    The color of the prime part of the coastal painted
    table was a light brown together with the legs of your
    table a mixed blend of blue and green generating a sea green colour with matching cushions around the
    seat of the chairs. The coral colored buffet cabinet reminded me of the sea and had a shelf for
    putting dishes of food and drawers for table accessories.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.