Jokowi Sampaikan 4 Aspek untuk Mempercepat Pelayanan Pemerintahan

(Beritadaerah – Pilpres) – Pada kesempatan menanggapi Prabowo, Jokowi kembali memajukan konsepnya bahwa ke depan diperlukan pemerintahan DILAN: Digital Melayani. “Karena yang namanya pelayanan bukan hanya melayani, tapi kecepatan itu sangat diperlukan,” terangnya.

Untuk itu, Jokowi menjelaskan bahwa diperlukan: “Pertama, yang namanya reformasi dalam bidang pelayanan, lewat layanan yang berbasis elektronik, sangat diperlukan.” Yang kedua, menurut Jokowi, menyederhanakan dan melakukan penajaman kelembagaan. Tidak perlu banyak-banyak. Jokowi mengatakan bahwa di dalam pemerintahan telah dibubarkan 23 lembaga yang ada, agar lebih ramping, lebih lincah, lebih gampang memutuskan, dan tidak berbelit-belit.

Yang ketiga, tambah Jokowi, diperlukan peningkatan kualitas ASN agar mereka semuanya melayani dengan cepat, dengan pelayanan berbasis elektronik. Yang keempat melakukan reformasi tata kelola manajemen. “Semuanya harus disimpulkan, disederhanakan, tidak bertele-tele. Kalau ada lembaga-lembaga yang justru menghambat yang menyebabkan pelayanan kita menjadi bertele-tele, dibubarkan,” tegas Jokowi mengedepankan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan.

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.