Debat Capres 30 Maret (Photo: Maruli Sinambela/ BD)

Jokowi Optimis Perkembangan Diplomasi; Prabowo Menegur Penonton Yang Tertawa

(Beritadaerah – Pilpres) – Masih seputar hubungan internasional dalam Debat Capres ke-4, Jokowi menekankan, pertama, kepentingan nasional harus dinomorsatukan. Kedua, perlindungan terhadap warga negara Indonesia yang ada di luar negeri. Dan ketiga adalah “Bagaimana kita bisa menjalin perdagangan investasi dengan negara-negara lain,” terangnya secara sistematis.

Menurut Jokowi perkembangan sekarang ini sudah baik, memiliki kemajuan yang sangat besar. “Perkembangan sekarang ini, PTE , ETA, SEPA kita memiliki kemajuan yang sangat besar. PTE adalah Preventous Trade Agreement, dimana hal yang terkait tarif dan non tarif bisa diblok.”

Jokowi yakin pada kemampuan diplomat pintar kita yang menyelesaikan masalah-masalah perjanjian. Contohnya PERDA yang ditandatangani dengan Australia. “Produk rakitan kita bisa masuk ke sana dengan tarif lebih rendah,” tambahnya menguasai permasalahan.

Sementara itu, Prabowo dalam tanggapannya kembali menekankan bahwa setiap negara harus mempertahankan kepentingan nasionalnya, yang disebutnya sebagai “The Core of National Interest.”

Lalu, Capres 02 menegaskan bahwa memang profesinya di bidang pertahanan keamanan. “Jadi, saya mohon pak, ini bukan menyalahkan, tapi saya saya berpendapat kekuatan pertahanan kita sangat rapuh dan lemah. Bukan salah bapak, salah siapa nggak tahu,” katanya, ditanggapi oleh sebagian penonton dengan senyum dan tertawa.

Melihat itu, Prabowo menambahkan: “Ya, jangan ketawa-ketawa. Pertahanan Indonesia rapuh, kalian ketawa. Lucu ya? Kok lucu?” sembari memandang ke arah penonton.

“Kalau ada negara asing kirim pasukan hari ini ke salah satu wilayah kita, saya kira kita berada dalam posisi yang sangat lemah. Jadi ini yang semua perhatian … silakan ketawa kalau negara kita lemah,” ujarnya.

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.