Jokowi: Negara Penduduk Muslim Terbesar, Kekuatan Diplomasi Kita

(Beritadaerah – Pilpres) – Dalam Debat Capres Sabtu malam ini (30/3), di segmen keempat diajukan pertanyaan dari panelis kepada para paslon terkait hubungan dan diplomasi internasional, dan sesuai undian Jokowi mendapat kesempatan pertama menanggapinya.

Menurut Jokowi sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, “Itulah kekuatan diplomasi kita di dalam forum-forum internasional,” terangnya.

Untuk diplomasi ini kita sekarang, menurutnya, diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan konflik atau perang yang ada di negara-negara lain. “Di Afghanistan, kita diberikan kepercayaan untuk ikut mendamaikan fraksi-fraksi yang berkonflik di sana,” terangnya dengan jelas.

Kekuatan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia menurut Jokowi bisa dijadikan modal besar berdiplomasi dengan negara-negara lain. Di samping itu, kita dapat menawarkan produk-produk dalam perdagangan dengan luar negeri. Ekspor dengan produk-produk yang memiliki kualitas baik ke negara-negara yang memiliki penduduk muslim, ini diyakininya sebagai kekuatan diplomasi.

Capres 02 kemudian menanggapinya dengan menyatakan bahwa menjadi mediator itu penting, tetapi ujungnya diplomasi merupakan bagian dari mempertahankan kepentingan nasional sebuah negara. “Dan itu harus di-backup oleh kekuatan,” katanya.

Ditambahkan Prabowo: “Saya bukan tidak percaya sama TNI, kapal selam berapa yang kita miliki, jenisnya berapa, kemampuannya berapa? Diplomasi kalau hanya senyum-senyum menjadi naif begitu-begitu saja Pak.”

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center