Jokowi Menegaskan Radar Maritim Sudah Menguasai 100% Wilayah RI

(Beritadaerah – Pilpres) – Menanggapi penjelasan Prabowo terkait upaya modernisasi alutsista dan almatsus di tengah keterbatasan anggaran negara, Jokowi mengawali penjelasan dengan menyatakan: “Penting sekali yang namanya gelar pasukan yang terintegrasi. Artinya kita tidak Jawa-sentris.”

Ditambahkan Jokowi: “Itu sudah saya perintahkan kepada Menhan dan Panglima untuk membangun yang telah mulai bekerja. Divisi 3 Kostrad di Gowa, Komando Angkatan Udara di Biak, kemudian Armada 3 Angkatan Laut di Sorong. Semua ini sudah dalam proses pembangunan dan segera akan jadi.”

Jokowi menjelaskan telah memerintahkan untuk gelar pasukan di empat titik penting, gelar pasukan terintegrasi yaitu di Natuna sebelah Barat, Timor Leste sebelah Timur, di Saumlaki dan Biak.

Menurut Capres 01, dari gelar pasukan ini artinya titik-titik pinggir yang ada di negara ini semuanya terjaga. Dan, dengan radar maritim kita, ini disebutkannya: “Sudah menguasai seluruh wilayah kita 100%!” tegasnya. Hali ini dikarenakan ada 19 titik radar udara yang telah terkoneksi, dan ada 11 titik maritim terkoneksi.

Terkait anggaran, Jokowi menerangkan anggaran di Kementerian Pertahanan sekarang sudah Rp117 triliun, nomor dua setelah Kementerian PU. “Artinya perhatian kita terhadap pertahanan bukan main-main,” ujar Jokowi.

Capres 01 ini juga menyerukan optimismenya bahwa dengan penguasaan radar udara dan maritim yang sudah 100%, “Siapa pun yang masuk ke teritori kita, kita akan tahu,” kata Jokowi dengan tegas.

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.