Photo Courtesy : TKN

Jokowi di Pontianak : Akan Dibangun Tol, Jembatan dan Pelabuhan

(Beritadaerah-Pilpres 2019) Jokowi hari ini Rabu (27/3/2019) menghadiri kampanye terbuka di Qubu Resort Pontianak, Kalimantan Barat. Jokowi datang bersama Iriana juga ketua umum Hanura Oesman Sapta Odang, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Cornelis mantan Gubernur Kalimantan Barat. Masyarakat Pontianak telah hadir sejak pagi hari dan Qubu Resort membludak oleh ribuan orang yang antusias meneriakan yel-yel “Jokowi!Jokowi!Jokowi!” sepanjang perjalanan menuju panggung dan seperti di tempat-tempat lain warga sontak berkerumun untuk bersalaman dan swafoto.

Jokowi membawakan orasi dengan menjanjikan kepada warga Kalimantan Barat untuk membangun jembatan dan jalan tol. Salah satunya adalah jalan tol Pontianak Singkawang yang diinginkan masyarakat untuk dibangun, jembatan di Sungai Sambas besar akan dibangun, akan segera dikerjakan.Dalam pidatonya, Jokowi kembali menghimbau agar warga Pontianak terus merawat, menjaga persatuan, persaudaraan dan kerukunan diantara masyarakat Kalimantan Barat. Harapan Jokowi tidak terjadi perpecahan karena pemilihan presiden. Kalimantan adalah miniaturnya Indonesia, ada berbagai suku bangsa, agama karena itu Jokowi berpesan: “Kita harus hidup berdampingan, karena negara ini adalah negara besar, penduduk kita sudah 269 juta, yang tersebar di 17.000 pulau, 514 kabupaten kota, dan 34 provinsi.

Jokowi menyampaikan bagaimana sekarang Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong sudah bagus dibangun, juga PLBN Nanga Badau di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. (PLBN) Terpadu Aru juga sudah megah dan Jalan perbatasan dengan Malaysia yang sudah mulus.Jokowi mengajak masyarakat untuk meluruskan, melawan hoaks, kebohongan yang belakangan ini begitu banyak terjadi. Misalnya kalau Jokowi Kiai Ma’ruf menang, pendidikan agama akan dihapus, perkawinan jenis akan dilegalkan, adzan akan dihapuskan. “Saudara-saudara sanggup melawan itu?” seru Jokowi, yang dijawab sontak masyarakat dengan semangat “sanggup!”

Jokowi kembali menyampaikan lima tahun mendatang tentang dukungan pemerintah bagi masyarakat melalui program dan mekanisme kartu, KIP Kuliah dalam negeri dan luar negeri, Kartu pra kerja untuk pelatihan-pelatihan yang dibiayai pemerintah, juga ada insentif honor dan Kartu sembako murah. Jokowi menutup orasinya dengan ajakan kepada masyarakat untuk berbondong-bondong ke TPS bersama keluarga dan handai tolan. Jangan ada yang golput sebab pemilu memakan biaya tinggi. Jokowi mengajak masyarakat datang ke TPS dengan menggunakan baju putih, karena yang akan dicoblos menggunakan baju putih. “Sebab putih adalah kita, dan kita adalah putih!” demikian disampaikan Jokowi menutup orasinya ditengah warga Pontianak yang tetap semangat berdiri sekalipun siang itu udara Pontianak sangat panas.