Festival Seni Budaya “Torang Kawanua Jokowi Amin” Meriah Dihadiri 3000 Orang

(Beritadaerah – Pilpres 2019) – Festival Seni Budaya Kawanua yang diselenggarakan komunitas masyarakat berdarah Kawanua (Sulawesi Utara) hari Minggu (24/03), terlihat sangat meriah yang dihadiri kurang lebih 3000 orang menurut absensi panitia.

Kegiatan yang diselenggarakan di salah satu lokasi perkantoran SCBD-Jakarta Selatan tersebut bertujuan mendeklarasikan dukungan keluarga besar Kawanua kepada Calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin. Mereka menamakan diri “Torang Kawanua Jokowi Amin”.

Kegiatan yang dibuka oleh pembawa acara televisi Sonny Tulung, yang juga sebagai caleg salah satu partai Koalisi Indonesia Bersatu, mengajak peserta yang hadir untuk hadir di TPS pada tanggal 17 April dan memilih Capres nomor urut 01.

Ketua Panitia Torang Kawanua Jokowi Amin, Gretty Tielman, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa deklarasi ini bertujuan mendukung Jokowi terpilih satu periode lagi menjadi Presiden RI periode 2019-2024. Deklarasi sore ini juga dihadiri beberapa tokoh berdarah Kawanua seperti Theo Sambuaga dan juga beberapa caleg.

Sebagai wakil TKN, Benny Rhamdani yang merupakan Direktur Kampanye Nasional mengajak masyarakat Kawanua bersatu dan berani melawan pihak yang ingin mengganti Pancasila, dengan memilih Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Benny beralasan bahwa dahulu salah satu tokoh perumus Pancasila adalah tokoh Kawanua yaitu AA Maramis.

Selain deklarasi, kegiatan festival seni budaya Kawanua ini menyajikan dua tarian asal Minahasa yaitu Tari Kabarasa dan Tari Maengket yang diiringi alunan musik tradisional Minahasa Kolintang.

Di ujung acara, Sonny Tulung memanggil artis-artis ibukota berdarah Kawanua untuk tampil ke panggung menghibur peserta yang hadir. Dan ketika para artis yakni Once, Eka Deli, Conny Constantia, Ermy Kulit, Vonny Sumlang dan yang lainnya naik panggung, maka penonton bersorak gembira. Dari beberapa lagu yang mereka nyanyikan bersama, lagu Bendera membuat peserta juga semangat menyanyikannya.

 

 

Jul Allens/Senior Analyst Vibiz Research Center