Prescon di Rumah Cemara, 23 Maret 2019 (Photo: Fadjar AD/ BD)

TKN Siapkan Kampanye Terbuka Yang Kreatif Merakyat

(Beritadaerah – Nasional) Hari ini (23 Maret) di rumah Cemara, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin – Erick Thohir dan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto menyampaikan rencana kampanye terbuka Calon Presiden 01 selama satu minggu ke depan.

Disampaikan bahwa kemungkinan harus terbang ke dua provinsi dalam satu hari. Minggu tanggal 24 Maret akan ada kampanye di Banten di daerah Ciceri, dimulai dari jam 14.30, dimana partai koaliasi dan relawan akan membuat panggung, pawai akbar, karnaval, kurang lebih 2-2,5 km, hingga kampanye terbuka.

Kemudian tanggal 25 Maret di Banyuwangi di alun-alun, pada pukul 09.00-11.30, langsung ke Jember pukul 13.30 – 15.30 di GOR Jember dan diakhiri di GOR Ken Arok pada malam hari.
Lanjut tanggal 26 Maret Banda Aceh, Ria di Pakanbaru, tanggal 27 Maret Pontianak pukul 09.30-11.30, kemudian terbang ke Kalsel Banjarmasin pukul 14.00-18.00.
Pada tanggal 28 Maret di Kaltim ada kampanye di Balikpapan kemudian dilanjutkan ke Mamuju. Tanggal 29 karena sudah dekat dengan debat, skedul dicari yang dekat saja. Minggu ini pada tanggal 30 Maret akan diakhiri dengan debat capres.

Kampanye team 01 akan mengeluarkan konsep-konsep kampanye yang baru. Contoh hal yang berbeda pada kampanye ini, panggungnya dibuat dekat dengan rakyat seperti keinginan Jokowi dekat dengan rakyat. Element of surprise, dengan ide kreatif, dengan berbagai warna, tema-tema tentang agama, budaya, dan lainnya menampilkan wajah kegembiraan politik, dan panggungnya Indonesia Centrist. Karnaval ditampilkan dengan pola-pola kebudayaan, dimana kekuatan Kiai Ma’ruf akan menjadi satu dengan Jokowi dalam hal visi.

Jadwal kampanye lengkap, SOP sudah dipersiapkan termasuk partai-partai yang akan melakukan kampanye telah dipersiapkan dengan lengkap.

Filosofinya tidak ada pemindahan posko kemenangan, setiap daerah dilayani secara sama, sebab Indonesia Centrist, jadi tidak ada fokus satu atau dua daerah. Namun ada wilayah yang penduduknya besar, jadi memang harus beberapa kali dilayani. Namun dihindari agar tidak bentrok, antar partai terjadwal, setiap daerah sama-sama dihargai sebab prinsipnya satu suara memiliki nilai yang sama.

Survey yang telah dipublikasikan hasilnya adalah alat penting untuk introspeksi, jadi pergerakan darat dan udara sifatnya akan dibuat aggressive namun tetap santun. Kampanye capres kali ini akan ada sesuatu yang positif tapi bagian dari blueprint yang akan dijalankan untuk Indonesia competitive. Contoh negara Brazil karena tidak ada blueprint dan kesatuan rakyat, hingga sekarang belum mencapai yang seharusnya. Karena itu yang disampaikan bukanlah mimpi, tapi bagian dari blueprint. Demikian tutur Erick Thohir.

Cita-cita boleh saja namun pengalaman itu penting, penting juga solidaritas, dan bukan sekedar janji. Misalnya dari deklarasi 10.000 pengusaha, Jokowi tidak menyampaikan sekedar janji namun bagian dari blueprint yang sudah disiapkan. Erick Thohir menyampaikan bahwa di Solo pasti akan menang, sekalipun akan banyak digempur oleh pihak 02. Kampanye dialogis, terbuka, tertutup, blusukan (door to door), ini akan dilakukan oleh seluruh partai politik, jurkamnas, tentang apa yang akan dilakukan.

Mengenai tindak lanjut hasil survey, pasangan 01 akan menggunakan kampanye terakhir dengan sungguh-sungguh. Kemampuan Jokowi dan Ma’ruf Amin akan membuat suara pasangan 01 meroket. Beberapa menteri kabinet kerja akan cuti untuk kampanye sesuai dengan segmennya. Door to door akan hadir dititik dimana Jokowi akan hadir, dengan cara menarik, misalnya dengan kampanye kreatif yang menghibur dan pendidikan politik, dijamin tidak akan ada hoax, fitnah.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani