Ma’ruf Amin Pada Santrifest 2019: Optimis, Santri Bisa Jadi Apa Saja

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Arus Baru Indonesia (Arbi) menggelar Santrifest 2019 dengan tema “Santri Untuk Negeri” di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, tanggal 22- 24 Maret 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk menggali potensi santri yang diharapkan mendukung penguatan ekonomi santri di Banten. Acara yang digelar selama tiga hari ini menampilkan beberapa perlombaan kesantrian seperti pembacaan puisi, lomba kaligrafi, lomba marawis hingga lomba dakwah cilik.

Santri Fest 2019, pemberian hadiah pemenang oleh KH Ma’ruf Amin (Photo : Daniel Sipahutar/ BD)

“Semangat awalnya untuk mengeksplorasi bakat santri. Mereka punya bakat hebat dan harus di eksplorasi. Kita hanya memfasilitasi di acara ini,” demikian Ketua DPP Arbi Lukmanul Hakim menjelaskan.

Lukmanul yakin kegiatan ini akan melahirkan santri-santri yang punya bakat dalam kesenian, kebudayaan dan lainnya. Selain itu, Santri Fest juga sebaga ajang pelestraian budaya lokal.

Pada malam puncak Santrifest 2019 hari ini, Sabtu (23/03), panitia menghadirkan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin, dalam kapasitasnya sebagai ulama Banten. KH Ma’ruf Amin selain menyapa dan memberikan sambutan, juga menyerahkan hadiah kepada para santri yang memenangkan berbagai perlombaan.

Acara malam puncak Santrifest 2019 yang diadakan di halaman Stadion Maulana Yusuf ini selain dihadiri para santri yang mengikuti festival, juga dihadiri ratusan warga kota Serang, yang turut bergembira menyambut kedatangan ulama mereka di kota mereka sendiri.

Kedatangan KH Ma’ruf Amin yang sudah diumumkan panitia sebelumnya kepada warga yang hadir disambut dengan antusias, alunan 1000 angklung santri menyambut kedatangan kiai yang mereka hormati dan sayangi, sampai kiai naik ke panggung besar yang disediakan panitia.

Bersama rombongan KH Maruf Amin yang hadir malam ini selain Ketua ARBI DR. Lukmanul Hakim, juga tampil para selebritis yang menjadi ikon para santri Indonesia yaitu Rafi Ahmad, dan juga seorang penyanyi religi Veve Zulfikar.

 

 

Jul Allens/Senior Analyst Vibiz Research Center