Debat Cawapres 2019, Ma’ruf Amin Menaikan Doa yang Menyentuh Bangsa Indonesia

(Beritadaerah – Pilpres2019) Setelah Cawapres 02 Sandiaga Uno menyampaikan sesi penutup, giliran Cawapres 01 Ma’ruf Amin diberikan kesempatan untuk pernyataan penutupnya dalam acara Debat Cawapres Pilpres 2019 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/3).

Cawapres Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin mengawalinya dengan kalimat: “Apa yang akan kami usahakan, Jokowi-Ma’ruf, adalah merupakan kelanjutan dari apa yang telah dilakukan oleh Jokowi-JK. Untuk melakukan upaya perbaikan secara terus-menerus dan berkelanjutan sesuai dengan prinsip melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik secara terus-menerus dan berkelanjutan.”

Ditambahkan kesinambungannya dengan pemerintahan saat ini, Mar’ruf menyebutkan yang dilakukan oleh Jokowi-JK merupakan peletakan dasar atau milestone, yang adalah basic capital atau modal dasar. “Dan yang akan kami lakukan adalah maximize utility, memaksimalkan manfaat yang sudah ada, membesarkan, menyempurnakan dan juga menambahkan manfaat dan maslahat yang sudah ada,” ungkapnya lebih jauh.

Team Jokowi – Ma’ruf disebutkannya akan melakukan pergeseran strategi nasional. Dari yang semula titik berat pada infrastruktur kepada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Oleh karena itu, kami mohon doa restu kepada seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita dan niat kami itu dengan izin Allah dapat terwujud,” disampaikannya lagi.

Selanjutnya, terkait hoax, Ma’ruf bertekad memerangi hoax, dengan mengajak semua melawan dan memerangi hoax karena hoax merusak tatanan bangsa Indonesia.

Dengan tenang dan meyakinkan, Ma’ruf Amin menyatakan: “Melawan dan memerangi fitnah, seperti kalau Jokowi terpilih maka Kementerian Agama dibubarkan, pelajaran agama dilarang, adzan dilarang, zina dilegalisir.”

“Saya bersumpah demi Allah, selama hidup saya, akan saya lawan upaya-upaya yang akan melakukan itu semua. Allah sudah mengatakan, kalau datang kepadamu orang fasik maka hendaknya membawa berita, hendaknya kamu tabayyun kamu cek. Jangan terima saja,” kata Ma’ruf meyakinkan.

Lalu, memungkas pemaparannya, Ma’ruf Amin mengucapkan doa yang menyentuh: “Ya Allah, saya memang merasa sudah tidak muda lagi. Tetapi kalau Engkau percayakan kepada kami untuk memimpin bangsa ini, kami siap. Dan kami akan bekerja dengan sungguh-sungguh. Hasilnya bukan untuk kami tapi untuk generasi yang akan datang,” tutupnya yang segera disambut dengan nyanyian Shalawat oleh para pendukung kubu 01.

Fadjar AD/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).