Pasar Ikan Modern Muara Baru Dilengkapi Fasilitas Digital Banking BNI (Photo Dok Kominfo)

Pasar Ikan Modern Muara Baru Dilengkapi Fasilitas Digital Banking BNI

(Beritadaerah – Nasional) Pasar ikan modern Muara Baru ini merupakan wajah baru pasar ikan di Jakarta bahkan di Indonesia. Pasar yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan – Susi Pudjiastuti pada 13 Maret 2019 malam, memang menakjubkan.

Kesan becek, bau amis, dan kotor tidak ada lagi setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)bekerja sama dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) membangun Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta ini.

Berbagai fasilita dibagun di area pasar ikan ini termasuk fasilitas untuk memudahkan transaksi keuangan yaitu hadirnya bank-bank di area PIM Muara Baru . Bank BNI turut memberikan sentuhan modernisasi dengan menerapkan berbagai layanan digital kekinian yang dimilikinya.

PIM Muara Baru terdiri atas 900-an lapak basah dan 155 kios dengan total pedagang sejumlah 615 pedagang ini diperkirakan dapat mencetak omzet sekitar Rp 10-Rp. 12 miliar perhari.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, dan SEVP Bisnis Menengah BNI Ronny Venir yang menghadiri acara peresmian PIM Muara Baru menuturkan bahwa untuk mendukung PIM Muara Baru sebagai pasar ikan modern, BNI siap menerapkan sepaket fasilitas transaksi nontunai (cashless) dan pembiayaan yang terdiri atas BNI Smart Tenant,  BNI Agen 46, Pinjaman KUR Pedagang, hingga menyiapkan Kartu KUSUKA untuk pedagang.

BNI Smart Tenant merupakan solusi dari BNI yang akan digunakan oleh para pedagang untuk mengetahui informasi tagihan sewa, listrik, dan air setiap bulannya. Fasilitas ini terintegrasi dengan BNI Virtual Account sehingga sangat memudahkan dalam  proses pembayaran tagihan.  Sampai dengan 5 Maret 2019, volume transaksi Virtual Account BNI telah mencapai Rp 27,02 triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 9,89 juta transaksi.

Sedangkan  BNI Smart Tenant memberikan informasi tenant kepada Perum Perikanan Indonesia, dalam bentuk dan laporan  dashboard monitoring transaksi secara real time online, dan memberikan kemudahan rekonsiliasi. BNI Smart Tenant juga menghilangkan risiko penerimaan pembayaran yang tidak teridentifikasi bagi Perum Perikanan Indonesia.

BNI juga mewujudkan dilakukannya transaksi cashless menggunakan mesin electronic data capture (EDC) dan melayani transaksi yang menggunakan dompet digital Link Aja, pembayaran parkir secara nontunai menggunakan uang elektronik BNI Tapcash.

BNI juga mengoperasikan Agen46 di area PIMMB sebagai perpanjangan tangan dari Bank dalam memberikan pelayanan perbankan, sehingga turut merealisasikan inklusi keuangan di kalangan pedagang ikan Muara Baru dan sekitarnya. Dengan branchless banking ini, masyarakat dapat memperoleh layanan yang meliputi setoran, tarik tunai, pembayaran dan pembelian.

BNI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama untuk melakukan register pedagang dengan memberikan kartu KUSUKA. Kartu ini dapat digunakan oleh pelaku usaha sebagai kartu identitas, kartu yang menyimpan database pelaku usaha  kelautan dan perikanan. Juga berfungsi sebagai kartu ATM/debit untuk bertransaksi di jaringan ATM dan Merchant.

Selain menggarap potensi bisnis transaksi, BNI juga menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pedagang. Langkah ini juga sekaligus mendukung program pemerintah yang telah menurunkan suku bunga KUR ke level 7%. KUR BNI ini dapat dimanfaatkan untuk membantu pedagang dalam hal kredit modal kerja dan kredit investasi.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani