Pengembangan Mandalika Mejadi Lokasi Wisata Sport

(Beritadaerah – Nasional) Lokasi wisata Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang selama ini sudah dikenal dengan pantainya yang indah dan bukit yang subur, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati alam dan menemukan kedamaian. Pemerintah daerah menyediakan berbagai fasilitas dan akomodasi untuk menunjang mereka yang berkunjung ke lokasi tersebut, seperti beberapa resort bertaraf internasional bisa ditemukan disana.

Kedepannya, Mandalika disiapkandengan rancangan pengelolaan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika – kawasan yang berbasis pariwisata. Pemerintah Indonesia melalui BUMN PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menandatangani MOU dengan perusahaan konstruksi dari Perancis, Vinci Construction untuk pembangunan  Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektar yang terdiri dari Sirkuit Balap Skala Internasional, Convention Center dan 7 hotel mewah.

Dalam rangka itu, Pemerintah memastikan serius mempersiapkan kawasan Mandalika untuk menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP 2021 mendatang. Pemerintah bahkan berupaya agar Mandalika menjadi salah satu race (sirkuit) yang cukup baik seperti di Singapura maupun di Monaco.

“Presiden memprioritaskan Mandalika menjadi tempat sport wisata. Selain nanti ada MotoGP, tentunya juga ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain sebagainya,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya, Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (25/2) siang.

Sirkuit ini akan menjadi sebuah daya tarik baru untuk Mandalika dan Indonesia, karena ini dikaitkan dengan pariwisata dan tempatnya sangat bagus, dan mungkin nanti akan menjadi salah satu race (sirkuit) yang cukup baik dan ini tentu sangat positif bagi perkembangan sport dan wisata Indonesia.

Terkait kesiapan masyarakat Lombok, Seskab menegaskan, bahwa mereka sekarang cukup terbuka. Apalagi Lombok sudah menjadi daerah tujuan wisata lebih dari lima belas tahun perkembangannya, bahkan puncaknya di 2015 yang lalu wisata di Lombok sangat tinggi.

“Kalau ada MotoGP di Mandalika, saya yakin akan menjadi daya tarik tersendiri, dan saya yakin masyarakat siap untuk itu,” pungkas Seskab.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani