Menpar Arief : Perguruan Tinggi Pariwisata Gunakan Kurikulum Standar Global

(Beritadaerah – Bandung) Pariwisata merupakan sektor penting pendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus berperan sebagai sumber utama pendapatan negara. Sumber daya manusia (SDM) mengambil peran yang besar dalam industri pariwisata nasional. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong peningkatan SDM dengan kurikulum pendidikan yang berstandar global.

Dalam kunjungan kerjanya ke Sekolah Tinggi Pariwisata (STN) Bandung, Jawa Barat, Senin (4/2), Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan agar penguruan tinggi memiliki kurikulum pendidikan yang berstandar global dan kelas dunia di seluruh Indonesia. Upaya ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai 2019 akan lebih fokus pada program-program pengembangan SDM.

“Saya selalu mengingatkan bahwa kalau ingin menjadi global player, maka kita harus menggunakan standar global. Caranya membangun STP berkelas dunia, saya punya jurus 3C yaitu Curriculum, Certification, Center of Excellence,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id.

Menpar Arief juga menjelaskan, untuk menjadi kelas dunia maka PTN Pariwisata yang dikelola Kemenpar harus memiliki kurikulum yang berstandar global baik dari sisi lulusan, dosen, dan institusinya. Ditambahkan juga bahwa seluruhnya harus disertifikasi oleh lembaga global dan prestisius.

Menpar menjelaskan bahwa untuk mewujudkan semuanya ini dapat dilakukan dengan bekerja sama dan menggandeng beberapa kampus ternama baik di dalam dan luar negeri yang telah lebih dahulu memiliki program serupa, seperti Universitas Indonesia, SBM ITB, STP Trisakti, dan Universitas Udayana yang telah membuka jalur kerja sama dengan universitas ternama dari Australia, Amerika, Inggris, Jerman, Swiss, Jepang, Hongkong, dan Malaysia.

Sekilas tentang STP Bandung merupakan penguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Program pendidikan yang diselenggarakan di STP Bandung adalah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Sekolah ini mempunyai tiga jurusan yaitu jurusan hospitaliti, jurusan kepariwisataan dan jurusan perjalanan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

 

 

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).