Bupati Kabupaten Pati : UMKM Salah Satu Pilar Perekonomian

(Beritadaerah-Kabupaten Pati) Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) kembali menegaskan bahwa UMKM merupakan pilar roda perekonomian Kabupaten Pati. Hal itu diungkapkan Safin saat menerima audiensi dari Komunitas UMKM Pati (Kupat), Kusumo Setda Kabupaten Pati.”Perekonomian di Pati bisa bertahan dan berkembang bahkan bisa menahan krisis memang dari UMKM. Gerakan – gerakan kecil dari usaha kecil menengah seperti ini sudah seyogyanya harus benar – benar dijalankan maupun digerakkan”, imbuhnya.

Audiensi yang dilaksanakan oleh pengurus inti Kupat dan dipimpin oleh ketua kupat Yuli Sanjoyo ini bertujuan untuk mendapatkan wejangan maupun motivasi terkait jalan dan perkembangan Kupat kedepannya.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dalam arahannya menyampaikan bahwa terbentuknya Kupat ini memang penting sebab sebagai wadah untuk menampung bagi para pelaku UMKM yang ada di Pati dan sekitarnya.”Saya sangat setuju bahwa UMKM ini terdapat wadah yang menaungi, tentunya demi kebaikan dan kemajuan juga perkembangan berbagai usaha yang telah dirintis dari Pati dan sekitarnya”, jelas Safin.

Dengan terbentuknya wadah seperti ini, Safin berharap agar di dalam Kupat ini jangan sampai ada persoalan antar pengurusnya bahkan timbul rasa saling menyaingi disebabkan adanya produk yang sama.

Justru dengan wadah seperti ini, lanjut Safin, bagaimana semua pihak berpikir agar dapat menciptakan pasar yang membuat Kupat ini dapat semakin maju dan berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara pengurus dengan semua pihak yang bersangkutan agar pasar yang tercipta tidak hanya di lokal Pati saja namun juga di luar kabupaten Pati.”Berbicara bisnis adalah berbicara tentang bagaimana kita membangung jaringan dengan banyak orang. Sebab dengan terbangunnya jaringan ini, produk akan dapat berkembang secara otomatis. Selain itu, dalam menawarkan produk, hilangkan rasa minder, tetap harus percaya diri”, imbuhnya.

Wabup Safin menegaskan bahwa dalam Kupat ini, secepatnya agar dapat mengurus status Halal untuk produk yang ada. Selain itu ke depan, Safin juga mengupayakan agar di Pendapa Kabupaten Pati disediakan tempat untuk display produk – produk UMKM.

Source : jatengprov

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.