(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Benteng Van den Bosch atau yang lebih dikenal sebagai Benteng Pendem, yang terletak di Kelurahan Pendem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (1/2) siang.

Benteng Van den Bosch, adalah sebuah benteng yang memiliki ukuran bangunan 165 m x 80 m dengan luas tanah 15 Ha. Letak benteng ini sangat strategis karena berada di sudut pertemuan sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun. Benteng ini oleh pemerintah Belanda yang menjajah Indonesia sekitar tahun 1845 ini sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitar yang dikelilingi oleh tanah tinggi, sehingga terlihat dari luar terpendam, makanya disebut Benteng Pendem.

Kepada wartawan Presiden menjelaskan, untuk menjaga warisan pusaka atu heritage seperti Benteng Van den Bosch ini pemerintah tahun ini akan merenovasi atau memperbaiki benteng ini.  “Ini langsung dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Tadi saya sudah langsung telepon dan sudah siap. Ya mungkin tahun ini separuh, tahun depan separuh, insyaallah. Ini kan ada kaidah kaidah kepurbakalaan yang harus diikuti tidak usah cepat-cepatan bangun,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Kepala Negara, wisata warisan pusaka atau heritage seperti Benteng Pendem itu sangat mesti dijaga. Untuk itu, dalam pemugaran benteng ini akan didampingi para ahli purbakala yang memang sudah punya keahlian dalam merevitalisasi tempat-tempat bersejarah.

Benteng Van den Bosch didirikan oleh penjajah Belanda dalam menghadapi perlawanan masyarakat Ngawi yang dipimpin oleh Adipati Judodiningrat dan Raden Tumenggung Surodirjo pada tahun 1845.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.