Menko Perekonomian Darmin Nasution

Darmin Nasution: Pentingnya Pengembangan Ekosistem Pertanian Terpadu

(Beritadaerah – Nasional) Pemerintah saat ini tengah mendorong pengembangan ekosistem pertanian secara lebih komprehensif dan terpadu, dari hulu hingga hilir. Dengan begitu, nantinya produk-produk pertanian akan lebih mudah diarahkan agar berorientasi ekspor, sesuai dengan arah kebijakan pemerintah Jokowi saat ini yang ekspansif.

“Ekosistem dari irigasi hingga pasca panen perlu diperhatikan, sehingga petani terbantu dengan adanya ekosistem tersebut,” ungkap Menko Darmin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/1).

Deputi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdalifah Machmud juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, dengan adanya ekosistem, produk pertanian dapat difokuskan agar berorientasi ekspor.

“Eksosistem perlu dilakukan dari hulu hingga hilir dengan harapan agar dapat mencapai Sustainability Development Goals (SDG’s) yang tentu akan memberikan manfaat kepada para petani,” ujar Musdalifah.

Ekosistem pertanian, menurut Darmin, mulai dari irigasi, pembenihan, penggilingan, dryer, menjadi satu kesatuan dan melibatkan pihak terkait seperti Badan Urusan Logistik (Bulog) dan perbankan.  “Untuk penggilingan dan dryer dapat diberikan KUR dryer, dan minta Bulog untuk bekerjasama dengan penggilingan kecil, Bulog yang akan menjadi offtakernya” imbuhnya.

Pada pasca panen, petani dapat menggunakan dana desa untuk membuat lumbung padi. Hal tersebut dapat membantu para petani apabila mulai memasuki musim panen yaitu untuk memperkuat stok beras.  “Dengan membangun ekosistem, dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap anggaran pemerintah sehingga tidak lagi menjadi obyek tetapi subyek,” terangnya.

Selain itu, Menko Darmin menghimbau agar arah pertanian pangan termasuk beras, dibuat sistem klaster yaitu lahan dikelola secara berkelompok dengan satu jenis komoditas unggulan tertentu. Sehingga dapat meningkatkan skala ekonomi dan nilai tambah.

“Memang sistem klaster ini belum tentu menyelesaikan seluruh persoalan. Tapi persoalan akan diatasi dengan klaster ini,” pungkas Menko Darmin.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

 

 

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.