Investor Singapura Menanamkan Modalnya Rp 5 Triliun di Halmahera Utara

(Beritadaerah – Jakarta) Kabupaten Halmahera Utara di Provinsi Maluku Utara memiliki potensi perikanan laut yang besar. Guna menunjang sektor tersebut diperlukan pembangunan pelabuhan, dan sejumlah infrastruktur pendukung sektor perikanan. Sejumlah peluang investasi pendukung sektor perikanan ditawarkan kepada investor dalam negeri maupun asing.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara yang diwakili oleh PT. Hibualamo Jaya (BUMD) melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) dengan Globalports PTE LTD yang diwakili oleh salah satu anggotanya Henry Teh Kok Kheng, CEO & President Digiland di Centennial Tower, Jakarta, Kamis (17/1). Acara penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery bersama beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentu saja investasi ini banyak manfaatnya secara ekonomi. Saya juga ingin agar Kabupaten Halmahera Utara segera bangun hingga sejajar dengan kabupaten-kabupaten lain yang sudah maju,” kata Frans dalam siaran pers yang diterima oleh Beritadaerah.co.id, Kamis (17/1).

Perjanjian antara BUMD Kabupaten Halmahera Utara dengan investor asal Singapura ini berisi tentang kerjasama investasi untuk membangun infrastruktur di Halmahera Utara yang meliputi pembangunan pelabuhan, infrastruktur perikanan dan infrastruktur di sektor pariwisata. Nilai investasi yang ditanamkan oleh investor asal Singapura ini sebesar Rp 5 triliun. Dengan pembangunan infrastruktur pariwisata ini diharapkan mampu mendatangkan 500.000 wisatawan ke Halmahera Utara setiap tahunnya.

Sementara itu Yulius Dagilaha, Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Utara menyambut baik kedatangan investor ke Halmahera Utara dan hal ini mendapatkan pujian dari berbagai pihak. Pemkab Halmahera Utara bersama masyarakat menyambut dengan tangan terbuka dan siap mendukung penuh rencana dari pembangunan yang dilakukan oleh investor.

“Saya menyambut baik adanya perjanjian ini. Saya berserta jajaran akan mendukung penuh agar investasi ini dapat berlangsung dengan baik dan membuahkan manfaat bagi masyarakat sebagaimana yang kita inginkan,” sambut Yulius.

Dari pihak Provinsi Maluku Utara juga memberikan dukungan berupa payung hukum agar investasi ini dapat terus berjalan, mengingat investasi besar ini akan mencakup pembangunan diberbagai sektor dalam jangka waktu yang panjang.

Hibualamo Jaya merupakan BUMD yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan, perikanan dan perdagangan umum. Sedangkan Global Ports PTE LTD, perusahaan yang berpengalaman mengelola pelabuhan. Investasi yang dikembangkan dari Eropa hingga ke Asia. Baru-baru ini Global Ports juga menanamkan modalnya di Aceh dengan membangun pelabuhan di Sabang.

Hadir dalam acara penandatanganan ini Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Utara Yulius Dagilaha, S.H yang didampingi oleh para wakil ketuanya, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Alien Mus, juga Mark Vernon Tuck, Founder Paradise Property Group yang telah sukses membangun sejumlah property di Bali.

Handi/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Source : Pemkab Halmahera Utara

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.