(Beritadaerah – Bandung) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu malam (10/11), menemui para komunitas kreatif di Indonesia Creative Cities Network (ICCN). Hadir juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan komunitas yang berada di Jalan Braga no 3 Bandung, Jawa Barat termasuk didalamnya pelaku industri kreatif dibidang fashion, musik, dan kuliner. Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia harus merespon dengan cepat perubahan dunia khususnya pada revolusi industri 4.0.

“Semua negara sudah bersiap merespon revolusi industri 4.0. Saya merasa kita harus merespon cepat perubahan yang ada di dunia, perubahan itu sangat cepat sekali,” ujar Presiden yang dikutip laman Jabarprov.go.id, Minggu (11/11).

Menurutnya, yang hanya bisa merespon revolusi 4.0 itu adalah anak muda atau kaum milenial. Presiden mengatakan, di antara kota di seluruh Indonesia kota Bandung adalah yang paling siap menyambut revolusi industri 4.0 karena ekonomi digital dan industri kreatifnya sangat berkembang pesat.

“Saya meyakini setelah tadi melihat creative industry, digital economy yang ada di Bandung saya ingin mengatakan bahwa creative hub Indonesia yang paling siap adalah kota Bandung, dan semuanya sudah saya lihat,” ucapnya. Sekarang yang dibutuhkan adalah ekosistem yang baik dan regulasi yang mendukung. Namun, kata Jokowi, bila regulasi itu malah menghambat kemajuan industri kreatif sebaiknya ditiadakan.

Presiden Jokowi selalu mengingatkan kepada jajaran menterinya agar dalam membuat aturan yang berkaitan dengan industri kreatif harus memberikan dukungan dan ide-ide baru.

“Saya selalu menyampaikan ke Menteri jangan selalu membuat aturan yang aneh-aneh, yang berkaitan dengan digital ekonomi dan industri kreatif. Kalau sudah diminta betul oleh pelaku baru munculkan, karena ada regulasi yang justru malah menghambat ini, yang saya khawatirkan,” tuturnya.

Di akhir diskusi, Presiden meminta masyarakat Indonesia untuk menjalankan revolusi industri 4.0 dengan ekonomi digital dan industri kreatif. Revolusi industri 4.o atau revolusi industri generasi keempat ditandai dengan  pengunaaan teknologi dengan kemunculan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menyusun roadmap industri 4.0 dengan bantuan sejumlah pihak. Dengan adanya roadmap ini, diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global, serta dapat menjadikan Indonesia sebagai 10 besar ekonomi dunia di 2030.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Nanie
Image : Jabarprov

 

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.