(Beritadaerah – Belitung) Pemerintah mendorong pengembangan daerah baru yang memiliki potensi pariwisata untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Salah satu daerah yang dapat menarik minat investor adalah Belitung. Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Bangka Belitung, Senin (29/10), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mendorong atraksi di Belitung terus diperkuat sebagai bagian dari upaya menarik minat investor menanamkan modalnya di Belitung. Secara khusus Menpar menunjuk kepada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang.

“Terus terang saya senang melihat pembangunan yang berjalan. Tidak hanya di KEK Tanjung Kelayang, tapi juga saya melihat bagaimana pembangunan infrastruktur di Belitung. Jalan-jalan menuju KEK juga sudah bagus,” ujar Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (30/10).

KEK Tanjung Kelayang memang memiliki pantai berpasir putih dan gugusan berbatuan granit yang beraneka ragam. Kawasan ini berdiri di lahan seluas 324,4 hektare. Mengusung konsep pengembangan pariwisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, KEK Tanjung Kelayang diharapkan dapat menarik minat investor dan kedepannya mendukung peningkatan kunjungan wisman ke Indonesia.

Menpar Arief Yahya mengatakan hal ini menunjukkan respons yang baik dari pemerintah daerah maupun pihak swasta dalam pengembangan sektor pariwisata di Belitung. Bahwa perkembangan dan pembangunan pariwisata tidak hanya terjadi KEK Tanjung Kelayang, tapi juga di sekitarnya.

Untuk lebih menghidupkan KEK Tanjung Kelayang, Menpar Arief Yahya meminta agar atraksi di Belitung terus diperkuat. Salah satu yang bisa dilakukan yakni melakukan benchmark dengan Bintan di Kepulauan Riau.

“Kalau itu terjadi, ribuan orang akan datang ke Belitung ini. Pesawat yang awal ini hanya 4 kali sepekan, bisa ditambah penerbangannya dan dikembangkan dengan pesawat yang lebih besar,” lanjut Menpar Arief Yahya.

Direktur Utama KEK Tanjung Kelayang, Adek Julianwar mengatakan proses pembangunan KEK Tanjung Kelayang saat ini sudah mencapai 65%. Ditargetkan akan selesai semuanya pada semester pertama 2019.

Hotel dan Resort ini, terang dia, akan menjadi Ikon Sheraton di Indonesia karena dibangun di atas standard hotel Sheraton yang ada di Indonesia. Bahkan dapat menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. KEK Tanjung Kelayang ini telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 6 tahun 2016 pada tanggal 15 Maret 2016, dengan kegiatan utama Pariwisata. KEK Pariwisata Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, yang merupakan salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Nasional.

KEK Tanjung Kelayang memiliki target pasar yang sama dengan kawasan sekitarnya seperti Bintan dan Batam yakni wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura. Penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Singapura-Belitung (vv) yang resmi dibuka pekan ini akan membuat wisman dari Singapura dengan mudah mengakses Belitung. Data tahun 2017 menunjukkan, kontribusi wisman dari Singapura tahun lalu sebanyak 1.512.813 wisman atau sebesar 11 persen dari total kunjungan wisman pada 2017 mencapai 14.039.799 wisman.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source : Kemenpar

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.