Ilustrasi: Danau Toba dari sisi Lumban Silintong (31/1). (Photo: Kristo/BD)

Kemendes PDT Siap Bantu Bangun Homestay di Sekitar Danau Toba

(Beritadaerah – Sumut) Sejalan dengan upaya  menjadikan Danau Toba menjadi destinasi wisata unggulan, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan tentang pentingnya fasilitas momestay di sekitar dana Toba. Menurut Arief, keberhasilan wirausaha Homestay dan Tourist Guide juga harus didukung dengan infrastruktur memadai.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi demi mendukung kemajuan wisata,akan menyediakan pembangunan Homestay dan Gazebo Desa Wisata serta Penerangan Jalan Umum yang bisa menggunakan dana desa .

Selanjutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menyediakan antara lain Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dan Program Integrated Tourism Master Plan terkait infrasturktur dasar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika selanjutnya juga akan menyiapkan, antara lain, intermediasi dengan provider telekomunikasi dan membantu intermediasi pelaku start-up pariwisata.

Keberhasilan Homestay dan Tourist Guide, lanjut Menpar, juga tidak terlepas dari upaya menumbuhkembangkan budaya lokal. Kementerian Pariwisata akan kembali memainkan perannya dengan pengembangan pemasaran partisipasi daerah, pembuatan buku story telling serta pengadaan buku saku pedoman wisata kuliner.

Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, antara lain melakukan Program Indonesiana; Seniman Mengajar Budaya Lokal; Penyiapan Buku Story Telling.

Badan Ekonomi Kreatif juga akan melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Brand Ekonomi Kreatif serta Pengembangan Pemasaran Produk Kreatif Berbasiskan Online.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, peluncuran ini hanya awal dari sinergi program antar kementerian/lembaga dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Paska Launching ini diharapkan kegiatan yang telah disinergikan harus terlaksana.

“Untuk itu, kita bersama-sama untuk terus memonitor dan mengevaluasi pilot project ini agar dapat terwujud pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan menjadi destinasi wisata berkelas internasional,” ujar Menpar Arief Yahya usai peluncuran Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan di Sektor Pariwisata (Homestay dan Tour Guide) di Bukit Desa Tipang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (20/9).

Menpar juga menekankan agar kesempatan yang didapat ini dimanfaatkan dengam sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk dapat berwirausaha di sektor pariwisata, khususnya homestay dan tour guide.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kemenpar

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.