Ilustrasi: Danau Toba dari sisi Lumban Silintong (31/1). (Photo: Kristo/BD)

Kementerian Pariwisata Kembangkan Strategi Menarik Wisatawan ke Danau Toba

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pariwisata terus mengembangkan strategi yang dinilai mampu menarik Wisatawan ke Danau TobaS. alah satunya dengan mengadakan rangkaian misi penjualan Destinasj Pariwisata Prioritas Danau Toba di Mall Ciputra Surabaya mulai 14-16 September 2018.

Direktur Destinasi Pariwisata Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) M. Tata Syafaat Ridwanullah, dalam seminar bertajuk “Strategi Baru Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba” menjelaskan bahwa strategi tersebut meliputi pengembangan aksesibiltas, atraksi, dan amenitas.

Dari sisi aksesibiltas, pemerintah kembali berupaya membuka akses baru, selain Bandara Silangit, untuk mempermudah wisatawan mencapai Danau Toba. “Saat ini sudah ada direct flight dari Jakarta menuju bandara Silangit. Untuk ke depannya, kami mencoba mengembangkan Bandara Sibisa agar mempermudah wisatawan mencapai Danau Toba,” ujar Tata.

Pengembangan penerbangan internasional juga menjadi fokus berikutnya, khususnya untuk negara-negara di regional ASEAN, mengingat lokasi Danau Toba strategis untuk dijangkau wisatawan dari negara-negara tersebut. Saat ini International Direct Flight menuju Danau Toba yang telah tersedia melalui Bandara Silangit melayani penerbangan dari Bandara Subang dan KLIA 2, Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk menyambut wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, sejumlah atraksi baru telah disediakan, salah satunya adalah atraksi wisata waterpark terbesar di Indonesia di Parapat. “Untuk wisata man-made, kami belajar dari konsep Jatim Park di Kota Batu, Jatim, untuk dapat diterapkan dan dimplementasikan di Kawasan Danau Toba. Harapannya, akan ada banyak pilihan bagi wisatawan dari berbagai usia untuk menikmati atraksi di Danau Toba,” jelas Tata.

Untuk amenitas, saat ini sudah ada beberapa hotel berbintang baru yang mulai dibangun di sekitar Bandara Silangit. Selain itu, pengembangan homestay di daerah Kabupaten Humbang Hasundutan juga telah dilakukan sebagai pilihan akomodasi bagi wisatawan.

Upaya pengembangan di berbagai sektor ini diharapkan membuat para penggiat dan investor melihat peluang investasi di Danau Toba. “Saya harapkan seluruh stakeholder bisa turut serta dalam pengembangan pariwisata di Kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba sendiri dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisman dan wisnus ke Danau Toba. Untuk meningkatkan kembali kunjungan dan penjualan paket wisata ke Danau Toba, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Sumut, ASITA, & PHRI menyelenggarakan misi penjualan di sejumlah kota. Kali ini, kami memilih Surabaya sebagai kota kedua setelah Yogyakarta,” ujar Masruroh, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional 1.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.