Indonesia Berpartisipasi di International Travel Expo 2018 di Ho Chi Minh City

(Beritadaerah – Nasional) Indonesia mengikuti Sales Mission 10 Destinasi Branding pada pameran International Travel Expo Ho Chi Minh City (ITE HCMC) 2018 di Saigon Exhibition & Convention Center, Ho Chi Minh City, Vietnam, 6-8 September 2018. Kementerian Pariwisata bersama 11 pelaku bisnis pariwisata (sellers) dari empat destinasi (Bali, Yogyakarta, Kepri, dan Papua) melakukan kegiatan Sales Mission 10 Destinasi Branding tersebut sebagai upaya untuk mempromosikan destinasi unggulan (brand) di Indonesia, antara lain Bandung; Great Bali; Great Jakarta; Great Kepri; Jogja-Solo-Semarang; Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat; Medan; Makassar; Lombok; dan Banyuwangi.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) khususnya dari Vietnam yang tahun ini ditargetkan sebanyak 74.000 orang atau meningkat dari target 2017 sebesar 64.000 wisman.

Indonesia memang sedang membidik pasar Vietnam, sebab pertumbuhan pariwisatanya terus meningkat seiring dengan meningkatnya perekonomian negeri itu yang mendorong tumbuhnya penduduk berpenghasilan menengah ke atas untuk melakukan kegiatan wisata ke mancanegara (outbound). Selama ini Indonesia belum menjadi tujuan utama wisatawan Vietnam keluar negeri.

Dari survei yang dilakukan Kemenpar, wisatawan Vietnam menyukai wisata luxury atau kemewahan dan modern. Mereka menyukai shopping, spa, dan resort dan ini banyak didapat di Indonesia, disamping itu wisatawan berusia muda banyak mencari wisata yang menantang adrenalin atau adventure.

Keikutsertaan industri asal Bali dan Kepri, yang merupakan destinasi dengan banyak fasilitas shopping center, spa, dan resort mewah mewakili segmen pasar yang menggemari wisata luxury. Sedangkan untuk wisatawan usia muda yang menggemari tantangan dan adventure terwakili diwakili industri asal Raja Ampat, Papua yang menawarkan wisata adventure dan bahari.

Keikutsertaan industri asal Bali dan Yogyakarta, yang memiliki tradisi, budaya, serta destinasi religi dapat mengisi segmen pasar Vietnam yang menyukai nuansa religi.

Utuk menarik kunjungan wisman Vietnam, Kemenpar selain melakukan sales mission dan berpartisipasi pada bursa pariwisata internasional Vietnam (ITE – HCMC), juga menggelar fam trip dengan mengundang kalangan media, industri, dan para endoser ke destinasi wisata di Indonesia yang cocok untuk wisman Vietnam. Bali, Yogyakarta, Kepri dan Papua menyediakan atraksi yang sesuai dengan keinginan wisatawan Vietnam seperti pantai, budaya, dan kesenian.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

About Fadjar Dewanto

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.